Analisis Kesalahan Siswa Kelas II SD dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Berdasarkan Prosedur Newman
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.654Keywords:
Kesalahan Siswa, Soal Numerasi, Prosedur NewmanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa kelas II SD dalam menyelesaikan soal numerasi berdasarkan prosedur Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada kelas II B di SDN 32 Cakranegara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II B dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal numerasi, serta pedoman wawancara. Teknik analisis data meliputi, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal numerasi dengan materi membandingkan dan mengurutkan bilangan. Selain itu hampir semua jenis kesalahan dalam prosedur newman dialami oleh siswa mulai dari kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir.
References
Anderha, R.R & Maskar, S. (2021). Pengaruh kemampuan numerasi dalm menyelesaikan masalah matematika terhaap prestasi belajar mahaiswa pendidikan matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774
Cahayani, N.N., Witono, A. H., & Setiawan, H. (2022). Profil kemampuan numerasi siswa kelas III SDN 2 Kuta tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(2b), 534-538. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.546
Febryana, E. & Pamungkas. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newan. Supremum Journal of Mathematics Education. 7(1), 15-28. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.6586
Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial berdasarkan prosedur newman. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 35-44. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i1.1406
Hartana, D.D., Yenni., Hartantri, S.D. (2023). Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita matematika melalui prosedur newman pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu. 7 (3), 1539-1548. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5440
Indraswara, W. T., Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal numerasi ditinjau dari Self Efficacy. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4 (3), 1685-1708. http://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.324
Jonata. (2022). Metode penelitian kualitatif. PT. Global Eksekutif Teknologi. 85-93
Kemendikbud. (2023). Peringkat Indonesia Pada PISA 2022 Naik hingga 5-6 posisi Dibandingkan 2018. Jakarta. https://www.kemdikbud.go.id › blog Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding ...
Khakima, L.N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan literasi numerasi dalam pembelajaran siswa MI/SD. IAIN Pekalongan. Prosiding Seminar Nasional. vol 1, 775-5792. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai.
Maysarah. (2024). Kemampuan literasi matematis dan keterampilan sosial melalui model project based Learning. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika.13(1),68-81. https://doi.org/10.33387/dpi.v13i1.7076
Putri, F. I., & Murtiyasa, B. (2024). Newma’s Error Analysis (NEA) dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal cendikia: jurnal pendidikan matematika. 8(1), 621-633. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2398
Rohmah, S. M. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal numerasi di SDN 2 Penawangan. (Skripsi). Universitas Islam Sultan Agung. http://repository.unissula.ac.id/27251/2/34301800067_fullpdf.pdf
Udil, P. A., Senia, M. E., & Lasam, Y. (2021). Analisis kesalahan siswa SD dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan cacah berdasarkan prosedur newman. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2), 36-46. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss1pp36-46
Yuliana, Hayati, L., Turmuzi, M., Hikmah, N. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi aritmetika sosial berdasarkan tahapan newmen pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Mataram tahun pelajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application. 2(3), 804-809. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.223
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.