Kurikulum merdeka dalam perspektif filsafat progresivisme dan esensialisme

Authors

  • Roswita Lensi Ngongo Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Putu Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.652

Keywords:

Merdeka Belajar, Progresivisme, Esensialisme

Abstract

Kurikulum Merdeka, sebagai terobosan pendidikan di Indonesia, telah menarik perhatian para akademisi dan praktisi pendidikan. Dalam kajian ini, kami mengeksplorasi implementasi Kurikulum Merdeka dari dua perspektif filsafat pendidikan utama, yaitu progresivisme dan esensialisme. Melalui kajian literatur, artikel ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana dua pendekatan filsafat ini dapat berkontribusi terhadap kesuksesan dan tantangan implementasi Kurikulum Merdeka. Dalam pandangan John Dewey, progresivisme menekankan pentingnya kemajuan pendidikan yang berkualitas, modern, dan memberikan manfaat nyata bagi peserta didik. Kajian ini juga mencermati implementasi Merdeka Belajar dalam konteks progresivisme dan mengidentifikasi hubungannya dengan perkembangan zaman.

References

Fadillah, M. 2017. Aliran Progresivisme dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 5, (1): 17-24

Hardanti, B. W. (2020). Landasan Ontologis, Aksiologis, Epitesmologis Aliran Filsafat Esensialisme Dan Pandanganya Terhadap Pendidikan. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 87-95. https://doi.org/10.30736/rf.v9i2.320

Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar: Antara Retorika dan Aplikasi. Jurnal Ilmiah TeknologiPendidikan, 8(8), 81–95. https://doi.org/10.24036/et.v8i1.107288

Kapoyos, R., & Manalu, L. M. (2022). Filsafat Esensialisme Sebagai Pendukung Ideologi Pendidikan Seni Di Indonesia. Clef: Jurnal Musik dan Pendidikan Musik, 3(1), 1- 11. https://doi.org/10.51667/cjmpm.v3i1.853

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar†perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.

Nanggala, A., & Suryadi, K. (2021). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Perenialisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 14-26.

Noviyanti, Ika Nurma. (2019). Kurikulum 2013 Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progresivisme. Journal of Mathematics and Mathematics Educations. Vol. 9, (1): 35-43. https://jurnal.uns.ac.id./jmme. Vol.09, No. 1, Juni 2019. hal: 35-43

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Yamin, Muhammad, and Syahrir Syahrir. 2020. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).†Jurnal Ilmiah Mandala Education 6(1): 126–36.

Yulia Sari Anggraini, Desyandri, Yeni Erita. 2022. Pandangan Filsafat Progresivisme terhadap Konsep “Merdeka Belajarâ€. Jurnal Pendidikan Dan Konseling Vol. 4 No.6

Downloads

Published

2024-11-30

Issue

Section

Articles