Kepemimpinan Adaptif Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Matematika dalam Pembelajaran yang Berbasis Proyek
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.627Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi peran kepemimpinan adaptif kepala sekolah dalam mendukung peningkatan kreativitas guru matematika melalui pembelajaran berbasis proyek. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan instrumen berupa wawancara mendalam, mencakup empat parameter utama: fleksibilitas, keterlibatan, pemberdayaan, dan pengambilan keputusan. Responden yang terlibat meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta dua guru matematika (G1 dan G2). Analisis data dilakukan menggunakan metode Miles dan Huberman, yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan adaptif kepala sekolah berperan signifikan dalam membangun lingkungan yang mendukung kreativitas guru, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis proyek.References
Blase, J., & Blase, J. (2000). Effective instructional leadership: Teachers’ perspectives on how principals promote teaching and learning in schools. Journal of Educational Administration, 38(2), 130-141.
Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., et al. (1991). Motivating project-based learning: Sustaining the doing, supporting the learning. Educational Psychologist, 26(3), 369-398.
Dewey, J. (2012). Democracy and Education. New York: Macmillan.
Fullan, M. (2014). Leading in a Culture of Change. San Francisco: Jossey-Bass.
Heifetz, R., Grashow, A., & Linsky, M. (2009). The Practice of Adaptive Leadership: Tools and Tactics for Changing Your Organization and the World. Boston: Harvard Business Press.
Robinson, V. M. (2010). From instructional leadership to leadership capabilities: Empirical findings and methodological challenges. Leadership and Policy in Schools, 9(1), 1-26.
Spillane, J. P. (2015). Distributed Leadership. San Francisco: Jossey-Bass.
Timperley, H. (2011). Realizing the Power of Professional Learning. McGraw-Hill Education.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Darling-Hammond, L., & Rothman, R. (2011). Teacher and Leader Effectiveness in High-Performing Education Systems. Alliance for Excellent Education.