Pengaruh Media Papan Kata terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 3 Ampenan Tahun Ajaran 2024/2025.
Authors
Hanna Mardhatillah , Ida Ermiana , Prayogi Dwina AnggaDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.623Published:
2025-01-09Issue:
Vol. 6 No. 1 (2025): In PressAbstract
Kemampuan membaca permulaan pada siswa saat ini masih menjadi permaslahan. Data kemampuan membaca siswa yang dirilis oleh Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) pada tahun 2023 kemapuan membaca siswa Indonesia memperoleh nilai sebesar 371 dari skor rata-rata OECD 487 dan menempatkan Indonesia berada di urutan ke 68 untuk kemampuan membaca. Sedangkan data kemampuan membaca siswa di NTB yang dirilis oleh Puspendik Kemendikbud pada hasil asesmen nasional yang dilakukan pada tahun 2021 menunjukkan bahwa data kemampuan membaca siswa di NTB berada di bawah kompetensi minimum yang artinya kurang dari 50% siswa yang ada di NTB yang telah mencapai batas kompetensi minimum untuk kemampuan membaca. Hasil wawancara bersama guru kelas II di SDN 3 Ampenan, ditemukan masalah kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media papan kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 3 Ampenan tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan yaitu eksperimen jenis quasi eksperimen dengan desain nonequivalent group design. Populasi penelitian ini berjumlah 51 siswa. Sampel yang digunakan berjumlah 40 siswa yang terdiri dari kelas II A (eksperimen) 20 siswa dan kelas II B (kontrol) 20 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu, hasil kemampuan membaca permulaan siswa diperoleh dari nilai rata-rata pretest dan posttest. Rata-rata hasil pretest kelas eksperimen yaitu 45,40 sedangkan untuk kelas kontrol yaitu 46,65. Rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yaitu 75,05 sedangkan untuk kelas kontrol yaitu 66,85. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig.2 tailed sebesar 0,031 < 0,05 yang berarti media papan kata berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Oleh karena itu, kesimpulan pada penelitian ini yaitu media papan kata berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN 3 Ampenan tahun ajaran 2024/2025.References
Andriani, A. (2021). Pengaruh Media Papan Flanel Kata Berbasis Metode Sas Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan (Penelitian Pada Siswa Kelas 1 Sd Negeri Wonoroto Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).https://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/3277
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Bopo, G., Ngura, E.T., Fono, Y. M., & Laksana, D. N. L. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi dengan Media Pembelajaran Papan Pintar Berhitung pada Anak Usia 6-7 Tahun. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3), 468-480.
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 5 (2021): 3296-3307.https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Hendri, H. (2019). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Peserta Didik Di SDN-5 Panarung: Difficulty Of Cause Of Difficult Reading Students At SDN-5 Panarung. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 54-59.
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1).
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi. (2023). Laporan PISA Kemendikbud. Diambil dari https://www.kemendikbud.go.id.
NTBsatu. (2022). Rapor Pendidikan, Kemampuan Literasi dan Numerasi Sekolah di NTB di Bawah Kompetensi Minimum. Diambil dari https://ntbsatu.com/2022/04/04/rapor-pendidikan-kemampuan-literasi-dan-numerasi-sekolah-di-ntb-di-bawah-kompetensi-minimum.
Nurfadillah, D. (2021). Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV. Jejak.
Merliyani, R., Sari, I. K., & Hayati, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B1 Tk Khairani Lubok Batee Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(2).
Muslih, M.A., Sa’odah, Hasan.N. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 2 di SD Negeri Pekojan 02 Petang Kota Jakarta Barat. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 4(1), 66-83. Https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa.
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,6(4), 5589-5597.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719.
Rahmi, A. Y., & Sopandi, A. A. (2024). Efektivitas Media Papan Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 12(1), 51-57.
Ratnawulan, T., Qohar, H. A., & Rahman, S. A. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Permulaan melalui Permainan Papan Kata Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(4), 6688-6694. http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/172.
Ridwan, M., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Kata Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SDN 1 Sabelia Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 184-191. 10.29303/jipp.v8i1.1095.
Rona, M. C., Meka, M., & Juita, A. K. (2022). Pengembangan Media Papan Kata bergambar Untuk Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 1(4), 332-347. https://doi.org/10.38048/jcpa.v1i4.1043.
Saadah, V. N., & Hidayah, N. (2013). Pengaruh Permainan Scrabble Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Disleksia (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).
Sampe, M., Koro, M., & Tunliu, E. V. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Sakteo Kecamatan Mollo Tengah Kabupaten TTS. Journal of Character and Elementary Education, 2(2), 47-56.
Sani, R. W. Maulana, R. G., Mita Rahmawati, A. M., & Saraswati, S. A. (2024). Perbedaan Model Pembelajaran Aktif Icare dengan Strategi Ekspositori Terhadap Hasil Belajar.
Somadyo, S., Samad, R., Lamanca, N., & Mahrudin, L. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Suatu Kajian Etnografi di SD Negeri Kota Ternate. Universitas Khairun.
Supantriadii, K. H., & Wardana, D. (2023). Analisis Faktor-Faktor Rendahnya Kemampuan Membaca Siswa Kelas 3 SDN 7 Riau Silip. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3034-3048. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10177
Susanti, E. (2022). Keterampilan Membaca.
Zuhfa, A., & Wardana, M. S. (2023). Pengembangan Media Papan Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Prampelan 1 Sayung Semester Genap Tahun 2022/2023. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5434-5441. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1259.
Kahar, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDn 19 Landang Kecamatan Eremerasa Kabupaten Bantaeng (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19016.