Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dengan Menggunakan Model PJBL di SDN 47 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.614Keywords:
Kolaborasi Peserta Didik, Pendidikan Pancasila, Project Based Learning (PJBL), siswa kelas IVAbstract
Penelitian tindakan kelas ini berjudul “Meningkatkan Keterampilan Koloborasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dengan Menggunakan Model PJBL di SDN 47 Mataramâ€. Permasalahan dalam Penenlitian ini adalah rendahnya keterampilan kolaborasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kererampilan kolaborasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menggunakan model Project Based Learning (PJBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan melalui observasi langsung selama proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistic deskriptif, dengan indikator keberhasilan berupa peningkatan rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata persentase skor keterampilan kolaborasi peserta didik mencapai 57,8%. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan dengan rata-rata persentase skor sebesar 84,4%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PJBL) efektif dalam meingkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.
References
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Leutika Nouvalitera.
Arikunto, S. (2010). Metode Penelitian Arikunti Suharismi. Rineka Cipta.
Devi, R., A., dkk. (2023). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Psetta Didik Melalui Penerpan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Pembelajaran Berdifrensiasi pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD Universitas Mandiri. 09 (01). 2477-5673.
Filsaime, D. K. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Gusfarenie, M. (2013). Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat, Edu-Bio. 4, 21-31.
Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI PRESS.
Harahap, I., R. (2024). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Nelajar Siswa Kelas V IPAS Materi Rantai Makanan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru. 01 (07). 1-7
Ilham, M., S. I komang, M., Y. I Putu, A. (2024). Penerapan Metode Tanya Jawab Berbantuan Media Tiga Dimensi (3D) dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 9 (01). 2620-8326
Kharbach, M. (2012). The 21st Century skills Teachers and Student Need to Have. Halifax: Creative Commons Attribution Mount Saint Vincent University.
Kurnia, A. R. D. (2020), Pengembangan Kurikulum IPA Terpadu SMP Tinjauan Filosofis, Teoritis, dan Contoh Implementasinya. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Lismaya, L. (2019) Berpikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.Culturally Responsive Teaching unuk Meningkatkan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi. 15 (03). 153-163.
Maulana, M., A., Nani, Mediatati. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pendekatan
Nurhayati, Amin, M. S., Indrati. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar melalui Pendekatan TaRL. Journal Wawasan dan Aksara. 4 (1). 140-149.
Robertus, A. S. P., & dkk. (2024). Pengantar Ilmu Pendidikan. Bandung: Widina Media Utama
Sari, R., A., Atiningsih. (2023). Implementasi Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Tata Surya. Lambda Journal, Lembaga, „Bale Literasiâ€. 3 (01). 2809-4409.
Pahleviannur, M., A., dkk. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Payadnya, I. P. A. A. P & Atmaja, I. M. D. (2020). Implementasi Pembelajaran “WHAT-IFâ€. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Putri, Eka. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) dengan Metode Ceramah pada Siswa Kelas I IPS SMAN 3 Teladan Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 11 (02). 99-106.
Zurhiyah, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Keterampilam Kolaborasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V SDN Pinang I Kota Tanggerang. Skripsi S1. Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.