Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif Math Playground Terhadap Kemampuan Numerasi Anak Usia Dini

Authors

  • Baiq Rabiatul Adawiyah Universitas Mataram
  • Bq Ulan Saswariaji Universitas Mataram
  • Baedatul Izzah Universitas Mataram
  • Dayang Yunita Fadila Universitas Mataram
  • Siti istiningsih Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.612

Keywords:

Development of learning media, interactive games, Math Playground, numeracy skills, early childhood

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game interaktif Math Playground untuk meningkatkan kemampuan numerasi pada anak usia dini. Seiring dengan perkembangan teknologi, penggunaan media digital dalam pembelajaran anak usia dini menjadi semakin penting untuk mendukung proses belajar yang menyenangkan dan efektif. Media pembelajaran berbasis game interaktif ini dirancang untuk menstimulasi kemampuan matematika dasar, seperti pengenalan angka, penjumlahan, pengurangan, dan konsep ruang melalui permainan yang menarik dan edukatif. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan ADDIE, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Math Playground dapat meningkatkan keterampilan numerasi anak, terbukti dari peningkatan skor pre-tes sebesar 3,16 menjadi post tes 3,79 dengan rata-rata peningkatan kenaikan skor yakni 0.63 setelah menggunakan media math playground. Asdapun anak usia dini juga  menunjukkan tingkat keterlibatan yang tinggi serta respon positif terhadap penggunaan game ini. Dengan demikian, Math Playground dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi anak usia dini.

References

Septiyana, D. N., Syahidi, K., & Mardi, E. S. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i2.649

Syahidi, K., Hizbi, T., Hidayanti, A., Ditinjau, B., Kemampuan, D., & Kritis, B. (2020). The Effect of PBL Model Based Local Wisdom Towards S tudent ’ s Learning Achievements on Critical Thinking Skills Pengaruh Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Prestasi. Kasuari : Physics Education Journal ( KPEJ ) Universitas Papua, 3(1), 61–68.

Karimah, V. H., & Prastowo, A. (2023). Penerapan Math Playground sebagai Penunjang Karakteristik Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 816–825. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.637

Azwar. (2015). Realibilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Abdul Wahid. (2018). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra`: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam.

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (R&D). Malang: sCV Literasi Pembelajaran Inovatif.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam.

Kurniawan, A., Mahmud, R., Rahmatika, Z., Mustofa, M., Nur, M., Maksum, M., Jumini, S., Muhammadiah, M., Winarti, P., Puling, D., De, A., Magalhaes, J., & Pratiwi, E. (2023). DASAR-DASAR ILMU PENDIDIKAN Penulis.

Kustiawan, U. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Penerbit Gunung Samudera [Grup Penerbit PT Book Mart Indonesia].

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V7i3.2645

Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah Membuat Belajar Lebih Menarik? At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan. Https://Doi.Org/10.36835/Attalim.V5i1.64

Riduwan. (2018). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta.

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran. Https://Doi.Org/10.17977/Um031v6i12019p039

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tiap Satuan Pendidikan (Ktsp). Surabaya: PT. Bumi Aksara.

Umair, U., & Tawakal, H. (2021). Pengembangan Aplikasi Permainan Pembelajaran Matematika menggunakan Model-Driven Game Development. Jurnal Teknologi Terpadu. https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jt t/article/view/346

Panjaitan, I., Putri, N., (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Bilangan Dengan Pendekatan PMRI Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Nasional Pendidikan.

Downloads

Published

2024-01-09

Issue

Section

Articles