Kepala Sekolah Sebagai Agen Perubahan: Membangun Budaya Sekolah Yang Positif dan Inklusif Di SDN 1 Taman Sari
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.609Keywords:
Agen Perubahan (Kepala Sekolah), Budaya Sekolah inklusif dan PositifAbstract
Penelitian ini mengkaji peran kepala sekolah sebagai penggerak perubahan dalam membangun budaya sekolah yang positif dan inklusif di SDN 1 Taman Sari. Dengan pendekatan kualitatif partisipatif, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan penting sebagai pemimpin strategis yang mengelola operasional sekaligus menginspirasi komunitas sekolah untuk berinovasi dan beradaptasi. Kepemimpinan yang efektif melibatkan kolaborasi semua pihak—guru, siswa, orang tua, dan pemangku kepentingan. Budaya positif dan inklusif tercipta melalui kerja sama, rasa hormat, dan keamanan, mendukung kesetaraan dan pembelajaran berkelanjutan. Penelitian ini menekankan pentingnya peran kepala sekolah dalam mengintegrasikan keberagaman budaya dan agama untuk menciptakan pendidikan yang kompetitif dan adaptif
References
Arif, S. (2024). Peran Kepala Sekolah sebagai Edupreneur dalam Transformasi Sekolah yang Unggul. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 24-31. doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p24-31
Arini, S. D., Mudjito, M., & Hariyati, N. (2021). Curriculum Integration: Optimizing Multiple Intelligence of Children. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(2), 259–277. https://doi.org/10.31851/JMKSP.V6I2.5084
Baniyah, B., Jannah, S. R., & Utama, F. (2023). The Effect Aspiration on Students’Learning Achievement at SMPN 3 Menggala. Bulletin of Science Education, 3(1), 34–45. https://doi.org/10.51278/BSE.V3I1.368
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Forlin, C. (2012). Measuring Inclusive Education. International Journal of Inclusive Education, 16(5-6), 501-511
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.