Kepala Sekolah Sebagai Agen Perubahan: Membangun Budaya Sekolah Yang Positif dan Inklusif Di SDN 1 Taman Sari

Authors

  • Zuriati Zuriati Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri MataramIndonesia
  • Yudin Citriadin
  • Rustam

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.609

Keywords:

Agen Perubahan (Kepala Sekolah), Budaya Sekolah inklusif dan Positif

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran kepala sekolah sebagai penggerak perubahan dalam membangun budaya sekolah yang positif dan inklusif di SDN 1 Taman Sari. Dengan pendekatan kualitatif partisipatif, penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasilnya menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan penting sebagai pemimpin strategis yang mengelola operasional sekaligus menginspirasi komunitas sekolah untuk berinovasi dan beradaptasi. Kepemimpinan yang efektif melibatkan kolaborasi semua pihak—guru, siswa, orang tua, dan pemangku kepentingan. Budaya positif dan inklusif tercipta melalui kerja sama, rasa hormat, dan keamanan, mendukung kesetaraan dan pembelajaran berkelanjutan. Penelitian ini menekankan pentingnya peran kepala sekolah dalam mengintegrasikan keberagaman budaya dan agama untuk menciptakan pendidikan yang kompetitif dan adaptif

References

Arif, S. (2024). Peran Kepala Sekolah sebagai Edupreneur dalam Transformasi Sekolah yang Unggul. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 24-31. doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p24-31

Arini, S. D., Mudjito, M., & Hariyati, N. (2021). Curriculum Integration: Optimizing Multiple Intelligence of Children. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 6(2), 259–277. https://doi.org/10.31851/JMKSP.V6I2.5084

Baniyah, B., Jannah, S. R., & Utama, F. (2023). The Effect Aspiration on Students’Learning Achievement at SMPN 3 Menggala. Bulletin of Science Education, 3(1), 34–45. https://doi.org/10.51278/BSE.V3I1.368

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Forlin, C. (2012). Measuring Inclusive Education. International Journal of Inclusive Education, 16(5-6), 501-511

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Zuriati, Z., Citriadin, Y. ., & Rustam, R. (2024). Kepala Sekolah Sebagai Agen Perubahan: Membangun Budaya Sekolah Yang Positif dan Inklusif Di SDN 1 Taman Sari. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 219–224. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.609

Issue

Section

Articles