Implementasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Islam dalam Manajemen Pesantren: Perspektif Pendidikan Berbasis Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah

Authors

  • Rukyatun Ulya Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri MataramIndonesia
  • Yudin Citriadin
  • Rustam STAI Al Amin Dompu

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.607

Keywords:

Kepemimpinan Islam, Manajemen Pesantren, Ahl alSunnah wa al-Jama'ah, Pendidikan Islam, Nilai-nilai Kepemimpinan

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi nilai-nilai kepemimpinan Islam dalam manajemen pesantren dari perspektif pendidikan berbasis Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah. Latar belakang penelitian ini adalah peran sentral pesantren dalam membentuk karakter Islami santri dan pentingnya peran kepemimpinan dalam proses tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip kepemimpinan Islam, yang berasal dari ajaran Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah, diterapkan dalam pengelolaan pesantren serta dampaknya terhadap hasil pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), dengan menganalisis literatur yang relevan, teks klasik, dan karya-karya ilmiah terkait kepemimpinan Islam dan manajemen pesantren. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa nilai-nilai kepemimpinan Islam, seperti integritas, musyawarah (syura), dan keadilan, tertanam dalam prinsip-prinsip dan praktik manajemen pesantren, yang berkontribusi pada perkembangan karakter dan prestasi akademik santri. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa memperkuat nilai-nilai kepemimpinan ini dapat lebih meningkatkan efektivitas pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam.

References

Afandi, R. (2013). Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam. INSANIA: Jurnal Pemikiran

Alternatif Kependidikan, 18(1),

–116. https://doi.org/10.24090/insania.v18i1.1446

Alfaro Jimenez, S., Berbegal-Mirabent, J., & De La Torre, R. (2024). How do university libraries contribute to the research process? The Journal of Academic Librarianship, 50(5), 102930. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2024.102930

Aluora, J. A. (2024). The Global Power of Transformational Leadership in Nursing and Midwifery. Nurse Leader, S1541461224002350. https://doi.org/10.1016/j.mnl.2024.09.011

Andriani, I., Hamengkubuwono, & Istan, M. (2024). Enhancing Human Capital Development Among Non-Lecturer Educational Staff: Challenges and Leadership Solutions. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 81–97. https://doi.org/10.14421/manageria.2024.91-06

Azila-Gbettor, E. M., Atatsi, E. A., Tulasi, E. E., & Ayimey, E. K. (2024). Fostering

workplace civility in the Financial Sector: The influence of ethical leadership

practices and ethical work climate. Social Sciences & Humanities Open, 9, 100803. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100803

Bang, J., Jeon, S.-S., Gyun Nam, S., Seok Bang, Y., Dong Chung, B., & Suk Bang,

Y. (2024). Secondary system modeling and primary system coupled

simulation using MARS-KS. Nuclear Engineering and Design, 417, 112800.

https://doi.org/10.1016/j.nucengdes.2023.112800

Bruinessen, M. (1990). Kitab kuning; Books in Arabic script used in the Pesantren

milieu; Comments on a new collection in the KITLV Library. Bijdragen Tot

de Taal-, Land- En Volkenkunde / Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia, 146(2), 226–269. https://doi.org/10.1163/22134379-90003218

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Ulya, R., Citriadin, Y. ., & Rustam. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Islam dalam Manajemen Pesantren: Perspektif Pendidikan Berbasis Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 207–212. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.607

Issue

Section

Articles