Implementasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Islam dalam Manajemen Pesantren: Perspektif Pendidikan Berbasis Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.607Keywords:
Kepemimpinan Islam, Manajemen Pesantren, Ahl alSunnah wa al-Jama'ah, Pendidikan Islam, Nilai-nilai KepemimpinanAbstract
Penelitian ini membahas implementasi nilai-nilai kepemimpinan Islam dalam manajemen pesantren dari perspektif pendidikan berbasis Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah. Latar belakang penelitian ini adalah peran sentral pesantren dalam membentuk karakter Islami santri dan pentingnya peran kepemimpinan dalam proses tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip kepemimpinan Islam, yang berasal dari ajaran Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah, diterapkan dalam pengelolaan pesantren serta dampaknya terhadap hasil pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), dengan menganalisis literatur yang relevan, teks klasik, dan karya-karya ilmiah terkait kepemimpinan Islam dan manajemen pesantren. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa nilai-nilai kepemimpinan Islam, seperti integritas, musyawarah (syura), dan keadilan, tertanam dalam prinsip-prinsip dan praktik manajemen pesantren, yang berkontribusi pada perkembangan karakter dan prestasi akademik santri. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa memperkuat nilai-nilai kepemimpinan ini dapat lebih meningkatkan efektivitas pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam.
References
Afandi, R. (2013). Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam. INSANIA: Jurnal Pemikiran
Alternatif Kependidikan, 18(1),
–116. https://doi.org/10.24090/insania.v18i1.1446
Alfaro Jimenez, S., Berbegal-Mirabent, J., & De La Torre, R. (2024). How do university libraries contribute to the research process? The Journal of Academic Librarianship, 50(5), 102930. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2024.102930
Aluora, J. A. (2024). The Global Power of Transformational Leadership in Nursing and Midwifery. Nurse Leader, S1541461224002350. https://doi.org/10.1016/j.mnl.2024.09.011
Andriani, I., Hamengkubuwono, & Istan, M. (2024). Enhancing Human Capital Development Among Non-Lecturer Educational Staff: Challenges and Leadership Solutions. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 81–97. https://doi.org/10.14421/manageria.2024.91-06
Azila-Gbettor, E. M., Atatsi, E. A., Tulasi, E. E., & Ayimey, E. K. (2024). Fostering
workplace civility in the Financial Sector: The influence of ethical leadership
practices and ethical work climate. Social Sciences & Humanities Open, 9, 100803. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2023.100803
Bang, J., Jeon, S.-S., Gyun Nam, S., Seok Bang, Y., Dong Chung, B., & Suk Bang,
Y. (2024). Secondary system modeling and primary system coupled
simulation using MARS-KS. Nuclear Engineering and Design, 417, 112800.
https://doi.org/10.1016/j.nucengdes.2023.112800
Bruinessen, M. (1990). Kitab kuning; Books in Arabic script used in the Pesantren
milieu; Comments on a new collection in the KITLV Library. Bijdragen Tot
de Taal-, Land- En Volkenkunde / Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia, 146(2), 226–269. https://doi.org/10.1163/22134379-90003218
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.