Efektifitas Kepemimpinan Enterpneurship Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di SMKN 7 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.606Keywords:
Enterpneurship, Kepemimpinan, Kualitas PembelajaranAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif kepemimpinan entrepreneurship dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMKN 7 Mataram. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan studi kasus kualitatif di SMKN 7 Mataram. Kepemimpinan entrepreneurial adalah gaya kepemimpinan yang ditandai dengan inovasi, visi yang jelas, pengambilan risiko, dan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Ini sangat relevan dalam lingkungan pendidikan kejuruan yang dinamis seperti SMK. Data dikumpulkan melalui observasi praktik kepemimpinan yang diterapkan dan wawancara menyeluruh dengan kepala sekolah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan entrepreneurial dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan membuat kurikulum berbasis industri, meningkatkan kemampuan guru, dan menyediakan lingkungan belajar yang lebih kreatif. Selain itu, pendekatan kepemimpinan yang berbasis kewirausahaan memiliki kemampuan untuk mendorong kerja sama dengan pihak industri.
References
Drucker, P. F. (2007). Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles. Harper & Row
Fullan, M. (2001). Leading in a Culture of Change. Jossey-Bass.
Goleman, D. (2000). Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.
Kotter, J. P. (1996). Leading Change. Harvard Business Press.
Northouse, P. G. (2018). Leadership: Theory and Practice. Sage Publications.
Robles, M. M. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Communication Quarterly.
Schein, E. H. (2010). Organizational Culture and Leadership. Jossey-Bass.
Tushman, M. L., & O'Reilly, C. A. (1996). Ambidextrous Organizations: Managing Evolutionary and Revolutionary Change. California Management Review.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.