Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Budaya Sasak Untuk Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.602Keywords:
media interaktif, kearifan lokal sasak, PAUDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif berbasis kearifan lokal sasak untuk anak pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE atau Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di TK Pembina Ampenan pada semester I tahun pelajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 16 anak.Objek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru-guru yang ada di sekolah TK Negeri Pembinan Ampenan. Produk hasil pengembangan berupa media interaktif berbasis budaya sasak telah dinilai dan divalidasi oleh validator media, validator materi, dan guru di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket lembar validasi. Instrumen penelitian berupa angket validasi oleh para ahli. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis kearifan lokal untuk anak paud ini mendapatkan presentase rata-rata 91% dengan kategori layak digunakandari ahli media dan materi. Hasil penelitian pada tahap I sebanyak 62,44% dengan kategori mulai berkembang, tahap II sebanyak 77,86% dengan kategori berkembang sesuai harapan, dan tahap III sebanyak 89,55% dengan kategori berkembang sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa media interaktif berbasis kearifan lokal ini dapat menambah pengetahuan, pemahaman anak tentang kearifan lokal sasak serta diharapkan dengan adanya media ini kecintaan anak-anak terhadap budaya lokal semakin meningkat.
References
Aryanti, D. F., Musaddat, S., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengembangan Media Buku Bergambar Bahasa Indonesia Berbasis Keatifan Lokal Suku Sasak. Journal of Classroom Action Research, 6(2), 261-270.
Catya, K., Anggalih, N. N., & Ardani, M. W. (2024). Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Budaya Sadar Bencana Banjir Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Sasak: Desain Vsual Dan Komunikasi, 6(2), 315-325.
Fitri, R., & Rakimahwati. (2022). Game Edukasi Berbasis Budaya Lokal Sumabang Duo Baleh Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersoanal Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 239-251.
Fitriani, A., Rassy, S. F., & Suyanto, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran 3D AR Budaya Sasambo: Pemahaman Budaya Sejak Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 189-200.
Guspitawati, S., Saputra, A., & Estuhono. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Sentra Tema Alam Semesta Subtema Gejala Alam. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4049-4056.
Munawaroh, H., Fauziddin, M., & Haryanto, S. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah Melalui Multmedia Interaktif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057-4066.
Ningrum, P. P., Wahyuningrum, A. K., & Lestariningrum, A. (2022). Penggunaan Media Berbasis Budaya Pacerin Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Journal of Modern Early Childhood Education, 02(01), 7.
Ramdani, S., Yuliastri, N. A., Sari, S. D., & Hasriah, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Strorytelling Dengan Menggunakan Cerita Rakyat Sasak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 153-160.
Sumarsono, M. B. & Mulyani. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu “Kuartet Kingdom†Pada Pembelajaran Tematik Materi Kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia untuk Kelas IV Sekolah Dasar.JPGSD, 8(3), 487-496. HYPERLINK "https://ejournal.unesa.c.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35008" https://ejournal.unesa.c.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35008
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryani, N., Setiawan, A., &Putria, A.(2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 15.
Zain, I. M., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Cerita Rakyat Sasak "Putri Mandalika" Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 187-194.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.