Pengembangan Modul Ajar Seni Rupa Berbasis Numerasi untuk Sekolah Dasar

Authors

  • Insani Juniarti Universitas Mataram
  • Muna Iffat Nabilah Universitas Mataram
  • Arisandi Nirmala Universitas Mataram
  • Imam Hamzan Wijaya Universitas Mataram
  • Edy Herianto Universitas Mataram
  • Siti Istiningsih Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.601

Keywords:

Modul Ajar, Numerasi, Seni Rupa

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam menggunakan kemampuan numerasi mendasari penelitian ini untuk menemukan solusi dalam memecahkan masalah tersebut. Sehingga, tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan serta mengukur tingkat kelayakan dan kepraktisan modul ajar seni rupa berbasis numerasi untuk sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). Model ADDIE dipilih sebagai model untuk mengembangkan produk melalui lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket validasi ahli modul, ahli numerasi serta angket respon guru. Hasil penelitian menemukan bahwa pengembangan modul ajar berdasarkan validasi ahli modul memperoleh persentase sebesar 85,3 % dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi ahli numerasi memperoleh persentase sebesar 93,5% dengan kriteria sangat layak. Sementara itu, hasil uji respon guru pada tahap implementasi memperoleh persentase sebesar 95% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, modul ajar seni rupa berbasis numerasi yang dikembangkan layak dan praktis untuk digunakan oleh guru sebagai salah satu acuan dalam proses pembelajaran seni rupa dan numerasi di sekolah dasar.

References

Adawiyah, N., Makki, M., & Nisa, K. (2023). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Numerasi Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 239–244. doi:https://doi.org/10.29303/jcar.v5i1.2845

Dayanti, Z. R., Respati, R., & Gyartini, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Flipbook Dalam Pembelajaran Seni Rupa Daerah Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 04(05), 5.

Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/11628/1/materi-pendukung-literasi-numerasi-rev.pdf

Lestari, K. I., Dewi, N. K., & Hasanah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Siswa Kelas III di SDN 8 Sokong. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 275–282. doi:https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.219

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Maydiantoro, A. (2021). Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI). Retrieved from http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/1/Model-Model Penelitian dan Pengembangan.pdf

Meliyanti, M., Raraswati, P., Nuruddin Hidayat, D., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504–6512. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1973

Nabilah, M. I., Istiningsih, S., Erfan, M., & Tahir, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Baca Menggunakan Kartu Huruf Bermuatan Kearifan Lokal Suku Sasak. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(3), 257–261. doi:https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i3.360

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 480–492.

Nurdyansyah, N., & Mutala’liah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Retrieved form http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1607

OECD. (2019). PISA 2018 Results. PISA 2018 at a Glance, I. doi:https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Raport Pendidikan SD Negeri 1 Buwun Mas. (2022). https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 30 Agustus 2023

Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 261–268. doi:https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019

Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Suhendrianto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas IV MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wahyuni, W. R., Rohmanurmeta, F. M., & Rahmantika, F. (2023). Penggunaan Modul P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan untuk Siswa Kelas IV SDN Ngariboyo 3 Magetan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 964–967.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Insani Juniarti, Muna Iffat Nabilah, Arisandi Nirmala, Imam Hamzan Wijaya, Edy Herianto, & Siti Istiningsih. (2024). Pengembangan Modul Ajar Seni Rupa Berbasis Numerasi untuk Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 436–442. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.601

Issue

Section

Articles