Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Begibung pada Masyarakat Sasak di Dusun Tanggak Lombok Tengah

Authors

  • Vina Tri Ramdani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Jumarim Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.597

Keywords:

Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Begibung, Masyarakat Sasak

Abstract

Abstract: Tradisi begibung merupakan kegiatan makan bersama dalam satu wadah, telah menjadi bagian penting dari budaya Masyarakat Sasak, mencerminkan nilai-nilai sosial dan religious yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tradis begibung pada Masyarakat Sasak di Dusun Tanggak Kabupaten Lombok Tengah masih dipertahankan, serta untuk menemukan bentuk nilai-nilai Pendidikan agama Islam yang terkandung dalam tradisi begibung pada masyarakat Sasak di Dusun Tanggak Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi Teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi begibung berperan dalam memenuhi empat fungsi utama dalam struktur sosial Masyarakat Sasak di Dusun Tanggak sehingga tetap dipertahankan hingga saat ini, yaitu adaptation, goal attainment, integration, dan latency/pattern maintenance. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tradisi begibung mengandung tiga nilai utama Pendidikan Islam yaitu nilai I’tiqodiyah (keimanan), nilai khuluqiyah (akhlak), dan nilai amaliyah (amal perbuatan).

Keywords: Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Begibung, Masyarakat Sasak.

 

References

Ahmad Sanusi dan Buana Sari. (2020) “Internalisasi Nilai-Nilai Sosial Melalui Tradisi Begawe Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di Suku Sasak,†Jurnal Paudia , 1 (2)

Al Hidaya, Ardian. (2023) “Internalisasi Solidaritas Sosial dan Nilai-Nilai Islam melalui Tradisi Weweh.†Journal of Economics, Law, and Humanities. 2 (2). 151–61.

Aprilia, Sindi, dan Umi Juniarti. (2022) “Implementasi Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons Dalam Upaya Melestarikan Tradisi Islam Melayu Nganggung Dulang Di Bangka Belitung.†JURNAL DIALOKA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi Islam. 1 (1). 18–37.

Dalmeda, MA, dan Novi Elian. (2017). “Makna Tradisi Tabuik oleh Masyarakat Kota Pariaman (Studi Deskriptif Interaksionisme Simbolik).†Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya. 18. (2). 135–50.

Dutayana, Muhammad Kresna, dan Abd Latif Bustami. (2022). “Tradisi Sekaten Yogyakarta Terhadap Perkembangan Pada Abad Ke-21 Dalam Teori Sosial Budaya.†Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK). (6). 49–61.

Fazalani, Runi. (2018). “Tradisi Bau Nyale Terhadap Nilai Multikultural Pada Suku Sasak.†FON: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. 13 (2). 162–71.

Hadi, Abd. (2021). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi (Banyumas: CV. Pena Persada.

Indrawati, Mamik, dan Yuli Ifana Sari. (2024) “Memahami Warisan Budaya dan Identitas Lokal di Indonesia.†Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS. 18 (1). 77–85.

Moloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013

Nikmatullah, Nikmatullah. (2018) “Kontekstualisasi Hadis Pernikahan dalam Tradisi Islam Lokal: Nyongkolan di Lombok.†Hikmah: Journal of Islamic Studies. 14 (2). 27–52.

Parsons, Talcott. (1951). The Social System. Glencoe: The Free Press.

Prasetya, Andina, Muhammad Fadhil Nurdin, dan Wahju Gunawan. (2021) "Perubahan Sosial Masyarakat dalam Perspektif Sosiologi Talcott Parsons di Era New Normal." SOSIETAS 11 (1). 1–12.

Sanusi, Ahmad, dan Buana Sari. (2020) “Internalisasi Nilai-Nilai Sosial Melalui Tradisi Begawe Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini di Suku Sasak.†Jurnal Paudia 9 (1). 1–16.

Turama, Akhmad Rizqi.(2020) "Formulasi Teori Fungsionalisme Struktural Talcott Parsons." EUFONI: Journal of Language, Literary and Cultural Studies 2 (1). 58–69.

Downloads

Published

2025-01-12

How to Cite

Tri Ramdani, V., & Jumarim. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Begibung pada Masyarakat Sasak di Dusun Tanggak Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 557–562. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.597

Issue

Section

Articles