Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Fluida Dinamis SMA Negeri 1 Kediri
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.587Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikir Kritis, Fluida DinamisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi fluida dinamis di SMA Negeri 1 Kediri. Penelitian ini meruapakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Nonequivalen Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 1 Kediri tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling ditentukan sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian. Sebelum instrumen tes diberikan terlebih dulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 85,18 dan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah 79,49 Hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji-t, yaitu t-test polled varians dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 dan di peroleh nilai t_hitung sebesar 2,31 dan t_tabel 2,01. Jika  lebih besar dari t_tabel , maka maka H_0 ditolak dan H_a diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Â
Â
References
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99. DOI: 10.29303/ jpm.v13.i2.468
Anam, Khoerul. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bulan, S. N ., Maharta, N., & Ertikanto, C. (2015) Pengaruh Kemampuan Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Fisika Berbantuan Virtual Laboratory. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 109-122.
Dewi, H. (2016). Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing dipadu dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Gunawan, Harjono, A, & Sahidu, H. (2015). Pengembangan Model Laboratorium Virtual Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Bagi Calon Guru Fisika. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 5(2), 42.
Harjilah, N., Medriati, R., & Hamdani, D. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2 Agustus), 79-84.
Kurniansyah, B., & Irianto, D. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Konten Materi Ipa Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal of Multiliteracies, 1(1), 9-19.
Ningsyih, S., Junaidi, E., & Al Idrus, S. W. (2016). Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Pahriah. (2016), Teori Belajar Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran. Mataram; CV . Garuda Ilmu.
Yeritia, Suci, Wahyudi Wahyudi, and Satutik Rahayu. (2017) "Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Kuripan tahun ajaran 2017/2018." Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 3.2: 181-187.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.