Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas III SDN 42 Ampenan
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.585Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi sejauh mana peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni “Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SDN 42 Ampenan†Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif yang bekerjasama dengan DPL, Guru pamong, guru kelas dan teman sejawat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 42 Ampenan yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 19 siswa laki- laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tekhnik observasi dan hasil belajar yang dilakukan selama pelaksanaan PPL pada siklus I dan siklus II sedang berlangsung. Tekhnik analisis data yang dipergunakan adalah tekhnik kuantitatif dan kualitatif. Tekhnik kuantitatif untuk mengolah data kuantitatif hasil test. Sedangkan tekhnik kualitatif untuk menganalisis data kualitatif non test. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model Project Based Learning pada kelas III SDN 42 Ampenan terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar mencapai 55% pada pra siklus, 65% pada siklus 1 dan meningkat hingga menyentuh angka 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut maka terjadi peningkatan hingga 35% dan telah melampaui persentase yang telah ditentukan sebelumnya yakni 80%. Sedangkan ditinjau dari hasil belajar peserta didik, terjadi peningkatan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan pada mata pelajaran tematik. Pada pra siklus hingga siklus II peningkatan hingga mencapai 46% dengan perolehan nilai rata-rata mencapai angka 80 dan telah melebihi KKM yang ditentukan sekolah. Dengan demikian penggunaan model Project Based Learning efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SDN 42 Ampenan tahun pelajaran 2023/2024.
References
Ahyar, D. B., Prihastari, E.B. & Sukmawati, F. dkk. (1521). Model-model pembelajaran. Jakarta:Pradina Pustaka.
Aini, N. Q. & Fahriza, I. (1515). Motivasi akademik dalam pendidikan. Jurnal Dinamika Pendidikan,13(3), 369-376.
Dani Maulana, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Lampung: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Lampung, 2014.
Haryu Islamuddin, Psikologi Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)
Markamad, N. & Khuzaemah. (15190 Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, ISSN: 2715-7121, Hal 151-156.
Surya et al, "Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SDN Sidoarjo Lor 1 Salatiga", Jurnal Pesona Dasar, Vol. iv, Nomor 1.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KPS). Jakarta: Bumi Aksara, 2012.