Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Mekson Fernandes Landu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i1.561

Keywords:

Dampak Gadget, Perkembangan Fisik dan Prilaku, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan manusia. Sehingga di era saat ini gadget tidak hanya dikonsumsi oleh kalangan orang dewasa melainkan juga oleh kalangan anak- anak. Maraknya penggunaan gadget pada anak dapat menghambat proses perkembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan fisik dan perilaku pada anak sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakn metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Setelah data dikumpulkan kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terjadinya ketergantungan dan kecanduan yang mengakibatkan kemalasan terhadap anak dalam beraktivitas, terganggunya kesehatan dari segi fisik, dan konsentrasi belajar semakin berukarang.

References

Agustika, N. L. G. M. W. G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(June), 112–120.

Al-Ayouby, M. H. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi Di Paud Dan Tk Handayani Bandar Lampung). Universitas Lampung.

Alia, T. (2018). “Pendampingan Orang Tua Pada Anak Usia Dini Dalam Penggunaan Teknologi Digital.â€

Journal Of Language, Literature, Culture, And Education Polyglot, 14(1).

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Fathoni, A. R. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini (Diakses 14).

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01),

Https://Doi.Org/10.29408/Goldenage.V2i01.742

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V5i1.12368

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 79–84. Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Article/View/78

Madaniyah, J., Kesuma, U., Istiqomah, K., & Fisik, P. (2019). Perkembangan Fisik Dan Karakteristiknya Serta Perkembangan Otak Anak Usia Pendidikan Dasar Ulfa Kesuma, Khikmatul Istiqomah 1. Madaniyah, 9(2), 217–236.

Martsiswati, E., & Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. Https://Doi.Org/10.21831/Jppm.V1i2.2688

Maya Ferdiana Rozalia. (2017). “Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar.†Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sd, Volume, 5(2).

Murni. (2017). Perkembangan Fisik, Kognitif, Dan Psikososial Pada Masa Kanak-Kanak Awal 2-6 Tahun, Iii(1), 19–33. Https://Jurnal.Ar-Raniry.Ac.Id/Index.Php/Bunayya/Article/Download/2042/1513

Rahmawati, D. S. (2018). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Akhlak Anak (Studi Kasus Di Sd N 01 Kebonharjo, Klaten). Universitas Islam Indonesia.

Ramdhan Witarsa Dkk. (2018). “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.†Pedagogik, 6(1).

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140.

Sapara, M. M., Lumintang, J., & Paat, C. J. (2020). Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Perempuan Di Desa Ammat Kecamatan Tampan’amma Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Holistik, 13(3), 1–16.

Suyadi, Calista, W., & Puspita, D. (2018). Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Usia Dasar: Masalah Dan Perkembangannya. Jurnal Ilmiah Pgmi, 4(2), 170–182.

Tatminingsih, S. (2017). Dampak Penggunaan Tik Terhadap Perilaku Anak Usia Dini, Studi Kasus Pada Anak Usia 4-7 Tahun. Jurnal Pendidikan, 18(1).

Vira, A. (2020). Melalui Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun.

Winarsih, W. E. (2021). Perkembangan Fisik Anak, Problem Dan Penanganannya. Atthiflah : Journal Of Early Childhoodislamic.

Downloads

Published

2024-02-27

Issue

Section

Articles