Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS DI SDN 5 Bringin
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.560Keywords:
Kurikulum Merdeka, IPASAbstract
Abstract: Implementasi Kurikulum Merdeka pada peserta didik memerlukan pemikiran dari seorang guru agar menyediakan pembelajaran yang menarik dan bermakna. Mata Pelajaran IPAS yang merupakan mata pelajaran baru bagi peserta didik kelas 4 SD perlu diberikan berbagai kegiatan dan tahapan sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara seorang guru dalam menerapkan kegiatan berdasarkan Kurikulum Merdeka dalam materi pelajaran IPAS. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian narrative research. Guru di kelas 4 di SD Negeri 5 Bringin sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi terkait hal-hal penelitian. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan SDN 5 Bringin sudah menerapkan kurikulum merdeka serta dinyatakan sebagai sekolah penggerak. Dalam penerapan kurikulum merdeka untuk mata pelajaran IPA serta IPS yang digabung menjadi IPAS, terdapat teknis khusus di mana setiap semester terdiri dari 2 bab IPA serta 2 bab IPS, berbeda dengan pendekatan sebelumnya yang memisahkan semester 1 untuk IPA serta semester 2 untuk IPS. Gabungan itu bertujuan untuk menghindari monotonisasi pembelajaran serta memberi kebebasan, dengan jadwal pembelajaran IPAS kelas IV di hari Senin serta Rabu, mulai pukul 07:00-08:45 serta 09:00-10:10 berturut-turut. Proses pembelajaran IPAS membutuhkan waktu sekitar 5 jam setiap minggunya. Pada perencanaan pembelajaran IPAS, guru mempergunakan modul pembelajaran sebagai panduan. Pembelajaran IPAS melibatkan banyak kegiatan kelompok, diskusi, serta presentasi hasil kerja kelompok peserta didik, menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih nyata pada konteks kurikulum merdeka.
Â
References
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.
F Khoirurrijal. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Malang: Literasi Nusantara Abadi.
Husni Mubarok & Nina Sofiana. 2022. Meaningful Learning Berbasis Kontekstual dan Konstruktivisme, Model Pembelajaran Bahasa Inggeris Alternatif pada Kurikulum Merdeka. Jepara. Unisnu Perss.
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. 2023. Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330-345.
Kemdikbud. RI. 2022. Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Saluran Informasi dan Pengaduan Seputar Pendidikan dan Kebudayaan: (ult.kemdikbud.go.id)
Maylitha, E., Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hikmah, S. N., & Prihantini, P. 2023. Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal on Education. 5(2), 2184-2194.
Nugraha & Supriatna,Tono. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal Inovasi Kurikulum. Vol.19, No 2.
Prianti, dkk. 2022. Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas. Jurnal Penjamin Mutu. 8(2),238-244
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., dan Prihantini, P. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
Rahmadayanti, D., dan Hartoyo, A. 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4), 7174–7187.
Siahaan, F. E., Siahaan, S., Siahaan, B. L., & Situmeang, S. A. (n.d.). 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru IPA di Kelas Rendah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar 3,(1), 13-19.
Sunarni dan Karyono. 2023. Persepsi Guru Terhadap Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal on Education, 5(2), 1613-1620.
Susanto, D., & Jailani, M. S. 2023. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora. 1(1), 53-61.
Wahira, dkk. 2023. Pelatihan Pemahaman Kurikulum Merdeka Belajat Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(2), 43-48
Wijayanti R. Yusron M F. dkk. 2022. Pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Pondok Pesantren Menggunakan Modul Ajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara. 3(2), 783-788
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.