Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Geografi Geografi SMA Negeri Di Kabupaten Kolaka Timur

Authors

  • Sudarwin Kamur Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Reski Amalia Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Eko Hariyadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Nasarudin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Ahmad Iskandar Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Gaby Nanda Kharisma Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.556

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi  pentingnya bagi guru untuk memiliki kompetensi pedagogik, terutama guru geografi, karena kompotensi pedagogik adalah kemampuan yang berkaitan dengan pemahaman peserta didik dan tuntutan terhadap guru sebagai profesional. Kemampuan guru untuk mengelola pembelajaran yang mencakup memahami peserta didik, merancang dan melaksanakan pembelajaran, menilai hasil belajar, dan membantu peserta didik mencapai potensi mereka sendiri dikenal sebagai kompetensi pedagogik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kapasitas pedagogis guru geografi di SMA Negeri di Kabupaten Kolaka Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan melibatkan 10 guru geografi di SMA Negeri Kabupaten Kolaka Timur. Hasilnya menunjukkan bahwa kompetensi pedagogis guru geografi secara keseluruhan tergolong dalam kategori "Baik" dengan presentasi deskriptif 85%.  

 

References

Anas, 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Azwar, 2013. Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dudung, 2018. Kompetensi Profesional Guru. Jkkp (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9-19. Https://Doi.Org/10.21009/Jkkp.051.02

Hartono, 2015. Kesiapan Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang dalam Menghadapi Praktik Pengalaman Lapangan Tahun 2015. Dalam Jurnal Edu Geograpy. Volume 4 No. 1. Hal. 40-49. Semarang: Jurusan Geografi FIS UNNES.

Mardhiyah, 2021. Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntunan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan,. Lectural: jurnal pendidikan. Vol.,3, No.2.

Mariana, 2016. Menyelenggarakan Pembelajaran Yang Mendidik SMA Se-Kota Ternate, Jurnal : Pen. Biologi, Vol, 5 No.2, 2013.

Musfah, 2013. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta. 2011.

Miftahul, 2016. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta : Rineka Cipta, 2013.

Nursanti, 2023. Pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian paket internet 3(TRI).

Sewang, 2015. Manajemen Pendidikan. Wineka Media

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D, Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Rosni, 2018. Memanfaatkan Teknologi Informasi Untuk Kepentingan Pembelajaran Geografi, Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 14, No.2, 2014.

Yusrina, 2013. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Geografi Pada SMA Negeri di Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2012/2013, Jurnal FKIP Unila, Vol. 1, No. 7.

Downloads

Published

2025-01-08

How to Cite

Kamur, S., Reski Amalia, Eko Hariyadi, Nasarudin, Ahmad Iskandar, & Gaby Nanda Kharisma. (2025). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Geografi Geografi SMA Negeri Di Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 285–292. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.556

Issue

Section

Articles