Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas X-7 SMA Negeri 1 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.546Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Lesson Study. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMA Negeri 1 Mataram pada kelas X.7 selama semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian terdiri dari 36 peserta didik. Proses penelitian mengikuti tiga tahapan Lesson Study: plan (perencanaan), do (pelaksanaan dan observasi), serta see (refleksi dan rencana tindak lanjut). Instrumen yang digunakan meliputi "Format Lembar Observasi Pelaksanaan Pembelajaran" oleh tiga guru Matematika dan "Angket Minat Belajar Siswa". Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, angket, dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar peserta didik pada siklus kedua dibandingkan siklus pertama. Indikator perasaan senang meningkat sebesar 3,92%, ketertarikan siswa meningkat 1,32%, dan perhatian siswa meningkat 2,65%. Namun, terdapat penurunan keterlibatan siswa sebesar 7,89%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Lesson Study efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X.7 SMA Negeri 1 Mataram.
References
Almujab, S., Yogaswara, S. M., Novendra, A. M., & Maryani, L. (2018). Penerapan lesson study melalui metode project based learning untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran di FKIP UNPAS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Doi: https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2352
Faisal, Azmi. (2019). Instrumen Angket Minat Belajar Siswa. Diakses pada 02 Juli, 2023, dari website: https://www.academia.edu/39972444/INDIKATOR_MINAT_BELAJAR
Muhson, A. (2009). Peningkatan minat belajar dan pemahaman mahasiswa melalui penerapan problem-based learning. Jurnal Kependidikan penelitian inovasi pembelajaran, 39(2). Doi: https://doi.org/10.21831/jk.v39i2.203
Purwanto, W., RWW, E. T. D., & Hariyono, H. (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1700-1705. Doi: https://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6721
Ratnasari, F., Purnamasari, V., Pramasdyahsari, A. S., & Nikmah, U. (2023). Lesson Study Menggunakan Model PBL untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 2 SD Supriyadi Semarang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1078-1086. Doi: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2317
Saidah, N., Parmin, P., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Melalui Lesson Study Tema Ekosistem dan Pelestarian Lingkungan. Unnes Science Education Journal, 3(2). Doi: https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3357
Shofwani, S. A., & Rochmah, S. (2021). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Managemen Operasional di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 439-445. Doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1074
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., & Muthia, G. A. (2020). E-learning edmodo dengan model pbl untuk meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 22-29. Doi: https://dx.doi.org/10.17977/um052v12i1p22-29
Yuliana, M., Ahmad, J., & Hidayati, Y. M. (2022). Peningkatan minat belajar bahasa indonesia melalui model pembelajaran project based learning pada siswa kelas iii sekolah dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 154-160. Doi: https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.216
Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan: teori, penelitian, dan pengembangan, 2(3), 448-453. Doi: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/