Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inquiry Training Berbantuan Media PhET untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.544Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat pembelajaran fisika dengan model Inquiry Training berbantuan media PhET yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika di kalangan peserta didik. Dalam prosesnya, penelitian ini menghasilkan perangkat berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), serta instrumen tes pemahaman konsep. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang terdiri dari tahapan define, design, develop, dan disseminate. Validasi dilakukan melalui penilaian oleh para ahli dan praktisi, yang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini sangat valid, dengan persentase kevalidan 89,5% untuk silabus, 89,3% untuk RPP, 87,4% untuk LKPD, dan 89,1% untuk instrumen tes. Temuan ini mengindikasikan bahwa perangkat pembelajaran berbasis Inquiry Training yang didukung oleh simulasi PhET tidak hanya layak untuk digunakan, tetapi juga memiliki potensi yang kuat untuk memperkuat pemahaman konsep fisika peserta didik.
References
Arisa, T. (2014). Penerapan model Inquiry Training untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 45-52.
Khotimah, H., Susilawati, S., & Widodo, W. (2019). Pemanfaatan simulasi PhET dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 15(1), 78-85.
Sahidu, H., Susilowati, E., & Rukayah, W. (2018). Efektivitas perangkat pembelajaran berbasis teknologi terhadap motivasi dan hasil belajar fisika siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(3), 35-44.
Sujana, I. (2019). Peran pendidikan dalam pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 10-20.
Turnip, D. (2016). Model Inquiry Training dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran sains. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 12(4), 115-123.
Utami, R. (2017). Validitas perangkat pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran fisika di sekolah menengah. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 9(2), 92-100.
Widayani, L. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar fisika pada siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(3), 123-130.