Manajemen Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan yang Berdampak Terhadap Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.540Keywords:
manajemen kepemimpinan, pendidikan, kepemimpinan transformasional, pengelolaan pendidikan, kualitas pendidikanAbstract
Manajemen kepemimpinan dalam pendidikan merupakan elemen kunci dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kinerja lembaga pendidikan. Pemimpin pendidikan, seperti kepala sekolah atau rektor universitas, memegang peran strategis dalam merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kebijakan serta program pendidikan. Kepemimpinan yang efektif tidak hanya berfokus pada aspek administratif, tetapi juga pada pembentukan visi yang inspiratif, pemberdayaan staf, serta penciptaan iklim yang mendukung perkembangan siswa dan pengajaran yang berkualitas. Dalam konteks ini, berbagai pendekatan kepemimpinan, termasuk kepemimpinan transformasional, partisipatif, dan instruksional, memiliki peran yang signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai model dan praktik kepemimpinan dalam manajemen pendidikan serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi kualitas pendidikan dan kinerja organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang berbasis pada komunikasi yang baik, kolaborasi antar elemen pendidikan, serta pengambilan keputusan yang berbasis data dapat meningkatkan efektivitas manajemen pendidikan. Artikel ini juga menyoroti pentingnya pemimpin yang memiliki visi dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan serta tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan yang terus berkembang.
References
Adiawaty, S. (2020). Dimensi dan indikator kepemimpinan dan budaya organisasi yang mempengaruhi pemberdayaan. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(3), 397–403.
Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1061–1070. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5104
Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 43–56. https://doi.org//10.31538/munaddhomah.v3i1.158
Fathurrochman, I., Adilah, P., Anjriyani, A., & Prasetya, A. Y. (2022). Pengelolaan Manajemen Sekolah Yang Efektif. E-AmalJurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1363–1374. http://repository.iaincurup.ac.id/id/eprint/1014
Goleman, D. (2009). Kecerdasan Emosional: Mengapa EI lebih penting daripada IQ. In Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Handoko, T. H. (2011). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Yogyakarta. Bpfe Yogyakarta.
Hasna, M. (2024). Digitalisasi Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarmasin: Tinjauan Analisis SWOT Dalam Strategi Pengembangan Sekolah Digital. Jurnal Pendidikan Modern, 10(1), 32–42. https://doi.org/10.37471/jpm.v10i1.1053
Sartini, S., Chondro, A., Prayitno, H. J., & Chairunissa, I. (2024). Tantangan kepemimpinan adaptif dalam dunia pendidikan di era generasi milenial. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 98–110. https://doi.org/10.51878/teaching.v4i2.3047
Siagian, S. P. (1991). Teori dan praktek kepemimpinan. Rineka Cipta.
Subni, M., Putri, A. P., Restiawati, Y., Pelealu, N. C. O. M., & Dwiyono, Y. (2024). Implementasi Kepemimpinan Visioner dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24903/sjp.v5i1.1808
Susanto, T. T. D., Mela, A. G. K., Zahrah, S., Namsan, N. G., & Umair, Z. (2024). Analisis terhadap potensi risiko pengambilan keputusan dalam dunia pendidikan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(2), 180–190. https://doi.org/10.29210/020243848
Veronika, D., Achmar, Z., Salahuddin, F., & Citta, A. B. (2023). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi Berbasis Total Quality Management Pada Politeknik Maritim AMI Makassar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 6331–6342. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4182/3058
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.