Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN Tenaru

Authors

  • Lely Mirnawati Universitas Mataram
  • Nurhasanah Nurhasanah Universitas Mataram
  • Husniati Husniati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.535

Abstract

Kemampuan membaca merupakan sesuatu yang vital dalam suatu masyarakat

terpelajar,karena aktivitas belajar pada anak dimulai dari bagaimana individu membaca, dan proses membaca buku akan sangat dipentingkan bagi anak untuk kehidupan mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa kelas II dalam membaca permulaan di SDN Tenaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II di SDN Tenaru yang berjumlah 3 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis non statistika. Hasil penelitian ini menunjukan 2 dari 3 siswa mengalami kesulitan membaca permulaan jenis kesulitan yang dialami oleh siswa tersebut diantaranya, kesulitan dalam membaca huruf vokal, huruf konsonan,suku kata,kata dan kalimat atau paragraf. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa masih sangat perlu untuk ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara mengadakan bimbingan membaca di rumah

References

Abdurrahman Mulyono.(2012). Pendidikan bagi Anak Berkesulitan belajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriantini. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 4(1): 7.

Hartini,Baiq HD.,Siti Rohana HI.,& Abdul KJ.(2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 5 Praya, Jurnal,Ilmiah Mandala Education.Vo 8. (hal 786-795)

Indrawan.(2020). Pedoman Anak Pra-Sekolah.

Purwokerto: Pena Persada

Martini Jamaris .(2014). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen,Penanunggalangannya.Ghalia.indonesi a Bogor.

Mardika dan Tiwi. (2017). Analisis Faktor Faktor Kesulitan Membaca Menulis Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Dinamika Dasar.10(1):31

Mulyati, Yeti. (2014). Pembelajaran Membaca Permulaan Pendidikan Modul Universitas Pendidikan Indonesia.

Prastowo Andi.2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian. Media

Rahmi Farida.(2011). Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Aksara. Jakarta: Bumi

Rizkiana.(2016). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Negeri Bangunrejo

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Mirnawati, L., Nurhasanah, N., & Husniati, H. (2024). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN Tenaru. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 140–148. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.535

Issue

Section

Articles