Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Procreate Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.534Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan video animasi berbasis procreate materi siklus air di kelas V SDN 5 Mataram; (2) mengevaluasi kepraktisan video animasi berbasis Procreate sebagai media pembelajaran materi siklus air di kelas V SDN 5 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadopsi model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, dengan melibatkan 23 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil validasi ahli media menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 96%, sementara validasi dengan kategori sangat layak dan oleh ahli materi memperoleh nilai 77% dengan kategori layak. Angket kepraktisan yang diisi oleh guru dan siswa menghasilkan skor masing-masing sebesar 96% dan 90% keduanya dikategorikan sangat praktis. Temuan ini menunjukkan bahwa video animasi berbasis Procreate sangat praktis dan valid digunakan sebagai media pembelajaran. Rekomendasi penelitian ini mencakup penerapan media serupa dalam pembelajaran topik lain guna mendukung peningkatan kualitas pendidikan di tingkat dasar.
References
Andrasari, N. A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(1), 36–44.
Hariani, R. V., Affandi, L. H., & Hidayati, V. R. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Dengan Konsep Etnomatematika “Makanan Tradisional Khas Sasak†Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3).
Haryadi, R., Prihatin, I., Oktaviana, D., & Herminovita, H. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Software Powtoon Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(1), 11. https://doi.org/10.30821/axiom.v11i1.10339
Indah Mafazatin Nailiah, & Erwin Rahayu Saputra. (2022). Pengembangan Media Ict Berbasis Video Animasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 6(1), 8–15. https://doi.org/10.36928/jipd.v6i1.976
Isti, L. A., Agustiningsih, A., & Wardoyo, A. A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 21-28.
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Putra, L. D., & Pratama, S. Z. A. (2023). Pemanfatan media dan teknologi digital dalam mengatasi masalah pembelajaran. Journal Transformation of Mandalika., 4(8), 323–329. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/2005/1586
Rahayu, D. (2023). PROSES TERJADI SIKLUS AIR.
Risti, A., Halidjah, S., Auliya, D., & Ghasya, V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Materi Siklus Air Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat. 06(01), 6440–6447.
Satria, M. H., Soekamto, H., Sahrina, A., & Utomo, D. H. (2023). Pengembangan media video animasi berbasis audio visual powtoon pada materi siklus air. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(6), 667–681. https://doi.org/10.17977/um063v3i6p667-681