Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VIII SMPN 11 Mataram

Authors

  • Mentari Tatsbita Rusyda Universitas Mataram
  • Lalu Zulkifli
  • I Wayan Merta

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.514

Keywords:

Snowball Throwing, Discovery Learning, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA biologi kelas VIII SMPN 11 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain komparatif. Populasi dari penelitian ini adalah 58 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas eksperimen I dan 29 siswa kelas eksperimen II yang diperoleh dengan teknik purposive sampling pada siswa kelas VIII SMPN 11 Mataram. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar IPA biologi yang berjumlah 24 butir soal bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T sampel independen, dan berdasarkan hasil perhitungan uji T independen diperoleh thitung 2.0794 dan ttabel 2.0032 dengan dk = 56 dan α = 0,05. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel maka terdapat perbedaan hasil belajar IPA biologi yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Dari perbedaan itu diketahui nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran Discovery Learning yaitu 77.72 dan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing yaitu 79.43. Sehingga dapat simpulkan bahwa rata-rata hasil belajar IPA biologi siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar IPA biologi siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery Learning, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

References

Anjelina, R., Elvinawati, E., & Nurhamidah, N. (2021). Studi Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga. ALOTROP, 5(1), 27-34.

Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori. Jakarta: Uhamka Press.

Hafizah. (2020). Snowball Throwing solusi Smart Student. Kudus: Sinar Edukasi Mandiri.

Huda, M. (2020). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Inanna, Rahmatullah, & Muhammad, H. (2021). Evaluasi Pembelajaran Teori dan Praktek. Makasar: Tahta Media Grup.

Kadir, A. (2015). Menyusun dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 70-81.

Karo, A. Y. B., Sidebang, R., & Sinaga, R. (2023). Perbandingan Model Snowball Throwing dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri 060930 Medan Johor Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Prosiding Seminar Nasional PSSH, 2(1), 1-11.

Mardiyah, S. (2021). Metode Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Andi.

Muhid, A. (2019). Analisis Statistik: 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Mulyasa, E. (2021). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2016). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhasanah, I. (2021). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2), 217-229.

Payadnya, I. P. A. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan penelitian eksperimen beserta analisis statistik dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Rajagukguk, S. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing dan Talking Chips pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Sidamanik Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Metabio: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1-9.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian. Bantul: Penerbit KBM Indonesia.

Setyosari, P. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sidiq, R., Najuah, & Lukitoyo, P. S. (2021). Model-Model Pembelajaran Abad 21. Serang: CV. AA. Rizky.

Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., Silitonga, I. D. B., Siahaan, A. L., Manihuruk, L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Wattimena, S. F., Mataheru, W., & Palinussa, A. L. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Tipe Snowball Throwing. Amalgamasi: Journal of Mathematics and Applications, 1(1), 8-17.

Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianata, S. (2020). Faktor-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2024-10-30

Issue

Section

Articles