Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbasis LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sakra Tahun Ajaran 2024/2025
Authors
Fatiha Putri Aura Diva fati , Baidowi Baidowi , Ni Made Intan Kertiyani , Muh TurmuziDOI:
10.29303/goescienceed.v6i1.494Published:
2024-11-04Issue:
Vol. 6 No. 1 (2025): In PressAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Sakra pada tahun ajaran 2024/2025 pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental dengan desain yang digunakan adalah pretest posttest nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa masing-masing kelas. Dengan kelas eksperimen pembelajaran menggunakan model PBL berbasis LKPD dan kelas kontrol pembelajarannya menggunakan model pembeljaran konvensional. Diakhir pembelajaran diberikan tes kepada kedua kelas diperoleh persentase ketuntasan kelas VIII B kemampuan berpikir kreatif sebesar 62,5% dengan kategori baik dan hasil belajar matematika siswa sebesar 75% dengan kriteria sudah tuntas dan persentase ketuntasan kelas VIII D kemampuan berpikir kreatif sebesar 37,5% dengan kategori rendah dan hasil belajar matematika siswa sebesar 43,75% dengan kriteria belum tuntas. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa berada pada kategori rendah berdasarkan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) yang peningkatannya rendah pada kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa SMPN 1 Sakra pada tahun ajaran 2024/2025.References
Afridiani, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2020). Pengaruh model problem based learning (PBL) berbasis lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Euclid, 7(1), 12-21.
Boud, D., & Feletti, G. I. (2013). Changing problem-based learning. In The challenge of problem-based learning (pp. 9-22). Routledge.
Fitriana, I., Sridana, N., Wahidaturrahmi, W., & Sripatmi, S. (2022). Hubungan Kemandirian Belajar dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 909-920.
Hifyatin, S. S., Hayati, L., Novitasari, D., & Sarjana, K. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari adversity quotient pada materi fungsi kuadrat. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 547-556.
Ma'wa, A., Hapipi, H., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 631-640.
Mulyaningsih, T., & Ratu, N. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika pada materi pola barisan bilangan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 34-41.
Nasution, P. R. (2017). Perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan. Jurnal Paidagogeo, 2(1), 46-62.
Nuriyah, S., Agustina, P., & Handoko, T. (2022, November). Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2021/2022 melalui Pembelajaran Interaktif Berbasis Quizizz. In Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek) (pp. 548-553).
Pratama, M. P., Sripatmi, S., Salsabila, N. H., & Hikmah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 9-17.
Saputra, R. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). TRIADIK, 21(2), 108-116.
Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prisma, 6(1), 1-8.
Sukarelawa. I. M., Indratno. K. T., & Ayu. M. S., (2024). N-Gain Vs Stacking. D.I Yogyakarta: Suryacahya.
Syamsuar, G. (2020). Modul Workshop Statistika (EKM235). Jakarta.
Viandivon, Y. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik SMKS Bina Maritim Maumere melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 10-10.
Wicaksana, M. W. J., Baidowi, B., Kurniawan, E., & Turmuzi, M. (2021). Pengaruh motivasi dan kecemasan belajar matematika terhadap kesadaran metakognisi dan kaitannya dengan hasil belajar matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 81-89.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 3(2).
Wulandari, E. R., Dewi, N. C., & Harahap, H. H. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VIII SMP NEGERI 4 BARUMUN. Jurnal: MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 341-347.