Peningkatan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Storytelling Tema Islami Di TK Kreativa Gebang Mataram

Authors

  • Nuzul Alfizahrini Universitas Mataram
  • Syahrial Universitas Mataram
  • Abdul Kadir Jaelani Universitas Mataram
  • I Made Suwasa Astawa Universitas Mataram
  • Ika Rachmayani Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.493

Abstract

Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di TK Kreativa Gebang Mataram terkait dengan peningkatan perkembangan nilai agama dan moral pada anak kelompok B yang belum berkembang dan mengalami peningkatan. Berdasarkan kenyataan yang ada di TK Kreativa Gebang bahwa 5 dari 10 anak masih belum berkembang nilai agama dan moralnya, sedangkan sisanya sebanyak 5 orang anak sudah mengalami pekembangan pada nilai agama dan moral, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan nilai agama dan moral pada anak kelompok B melalui kegiatan storytelling Tema Islami. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan nilai agama dan moral pada anak kelompok B melalui kegiatan storytelling Tema Islami. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terdapat 7 anak memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik dan 3 anak memperoleh kategori Mulai Berkembang, sedangkan pada siklus II mulai mengalami peningkatan dengan hasil penelitian menjadi 9 anak memperoleh kategori Berkembang Ssangat Baik dan 1 anak memperoleh kategori Berkembang Sesuai Harapan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan storytelling tema islami dapat meningkatkan nilai agama dan moral pada anak kelompok B di TK Kreativa Gebang Mataram.

Keywords:“Nilai Agama dan Moral, Storytelling Tema Islamiâ€

 

References

Arikunto (2012). Prosedur Penelitian Suatu Teknik Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, O. S. (2019). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka 2010.

Anggraini, D. D. (2015). PENINGKATAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2). 1.

Aprida, S. N., Suyadi. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 24-63.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Suyadi+2022+implementasi+pembelajaran+alquran+&btnG=#d=gs_qabs&t=1728512547613&u=%23p%3DNs7RNUCDussJ

Kurdi, M. S (2023). TANTANGAN DALAM IMLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Pendidikan Karakter, 102.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kurdi+2023+tantangan+dalam+implementasi+pendidikan+karakter&btnG=#d=gs_qabs&t=1728512861261&u=%23p%3DZdmZGlc9yW0J.

Kusnilawati, Fauziddin., M, Astuti. (2018). Meningkatkan Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dengan Penerapan Metode Bercerita Tema Islami. Journal on Early Childhood, 1(1), 28-38.

Qomarudin, M. (2024). Pemahaman Generasi Milenial Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Ajaran Islam Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia: Studi Kasus Pada Tingkat Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 10-16.

Thambu, N. (2017). Storytelling and story reading: A catalyst for inculcate moral values and ethics among preschoolers. International Jurnalpf Academic Research in Business and Social Sciences, 7(6), 1116-1130.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=thambu+2017+storytelling+and+story+reading&btnG=#d=gs_qabs&t=1728513012889&u=%23p%3Dn0hCshiRW1QJ.

Uswari, I., Habibi, M., Jaelani, A. K., Fahruddin., (2023). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Metode Bemain peran makro Pada Anak kelompok B TK Dhama Wanita 1 Batujai Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Abdul+Kadir+Jaelani+meningkatkan+keterampilan+sosial+anak+melalui+metode+bermain+peran+makro&btnG=#d=gs_qabs&t=1714622045825&u=%23p%3DUv5-eV-sFVgJ.

Wulandari, R., Jaelani, A. K., Rachmayani, I. (2024). Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B Di Paud Semai Harapan Bangsa Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9(1), 24.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Alfizahrini, N., Ayub, S., Kadir Jaelani, A. ., Suwasa Astawa, I. M. ., & Rachmayani, I. . (2024). Peningkatan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Storytelling Tema Islami Di TK Kreativa Gebang Mataram. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 57–63. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.493

Issue

Section

Articles