Peningkatan Nilai Agama dan Moral Pada Anak Kelompok B Melalui Kegiatan Storytelling Tema Islami Di TK Kreativa Gebang Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.493Abstract
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di TK Kreativa Gebang Mataram terkait dengan peningkatan perkembangan nilai agama dan moral pada anak kelompok B yang belum berkembang dan mengalami peningkatan. Berdasarkan kenyataan yang ada di TK Kreativa Gebang bahwa 5 dari 10 anak masih belum berkembang nilai agama dan moralnya, sedangkan sisanya sebanyak 5 orang anak sudah mengalami pekembangan pada nilai agama dan moral, sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan nilai agama dan moral pada anak kelompok B melalui kegiatan storytelling Tema Islami. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan nilai agama dan moral pada anak kelompok B melalui kegiatan storytelling Tema Islami. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terdapat 7 anak memperoleh kategori Berkembang Sangat Baik dan 3 anak memperoleh kategori Mulai Berkembang, sedangkan pada siklus II mulai mengalami peningkatan dengan hasil penelitian menjadi 9 anak memperoleh kategori Berkembang Ssangat Baik dan 1 anak memperoleh kategori Berkembang Sesuai Harapan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan storytelling tema islami dapat meningkatkan nilai agama dan moral pada anak kelompok B di TK Kreativa Gebang Mataram.
Keywords:“Nilai Agama dan Moral, Storytelling Tema Islamiâ€
References
Arikunto (2012). Prosedur Penelitian Suatu Teknik Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, O. S. (2019). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka 2010.
Anggraini, D. D. (2015). PENINGKATAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI METODE BERCERITA. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2). 1.
Aprida, S. N., Suyadi. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 24-63.
Kurdi, M. S (2023). TANTANGAN DALAM IMLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Pendidikan Karakter, 102.
Kusnilawati, Fauziddin., M, Astuti. (2018). Meningkatkan Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini dengan Penerapan Metode Bercerita Tema Islami. Journal on Early Childhood, 1(1), 28-38.
Qomarudin, M. (2024). Pemahaman Generasi Milenial Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Ajaran Islam Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia: Studi Kasus Pada Tingkat Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(1), 10-16.
Thambu, N. (2017). Storytelling and story reading: A catalyst for inculcate moral values and ethics among preschoolers. International Jurnalpf Academic Research in Business and Social Sciences, 7(6), 1116-1130.
Uswari, I., Habibi, M., Jaelani, A. K., Fahruddin., (2023). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Metode Bemain peran makro Pada Anak kelompok B TK Dhama Wanita 1 Batujai Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2.
Wulandari, R., Jaelani, A. K., Rachmayani, I. (2024). Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B Di Paud Semai Harapan Bangsa Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 9(1), 24.