Penggunaan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Komunikasi Anak Kelompok A di TK Negeri Pembina Ampenan

Authors

  • Wardah Fedamayanti Universitas Mataram
  • I Nyoman Suarta Universitas Mataram
  • Fahruddin Universitas Mataram
  • Rr. Retno Handasah Universitas Cenderawasih
  • Indrawati Indrawati Universitas Cendrawasih

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.490

Keywords:

media boneka tangan, kemampuan bahasa, komunikasi anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penggunaan boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan bahasa komunikasi pada anak kelompok A di tK Negero Pembina Ampenan Tahun 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelompok A di TK Negeri Pembina Ampenan yang berjumlah 11 orang anak yang terdidi dari 8 orang anak perempuan dan 3 orang anak laki-laki. Hasil penelitian diperoleh bahwa terbukti dari hasil penelitian yang di mulai dari siklus I yang mencapai 47%, menunjukan bahwa perkembangan kemampuan bahasa komunikasi anak belum mencapai terget capaian yakni 76%. Hal ini disebabkan karena masih banyak terdapat kekurang dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang mengakibatkan kemampuan bahasa komunikasi anak belum terstimulus dengan baik sehingga perkembangan kemampuan bahasa anak masih berjalan lambat. Kemudian mengalami peningkatan hingga 86% pada siklus II dan telah mencapai target penelitian. Hal ini karena usaha guru yang sangat maksimal melakukan pembenahan kinerjanya dalam mengelola kelas selama proses pembelajaran penggunaan media boneka tangan hingga membawa dampak yang besar terhadap peningkatan kemampuan berbahasa anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok A di TK Negeri Pembina Ampenan.

References

Arikunto (2012). Prosedur penelitian. Jakarta : rineka cipta

Azahra FR (2021). Metode penelitian. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Vol. 7, No.4, Agustus 2021.

Azmi, R., Astini, B.N., Rachmayani, I & Fahrudiin (2023). Pengembangan Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekpresif Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4),2557-2565. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4,1795.

Arviana, D (2013). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B TK Dawungan 1 Masaran Sregen Tahun pelajaran 2012/2013, Universitas Muhamadiyah Surakarta,2013. h.3.

Hadisetyo (2010). Penggunnan Media Boneka Tangan Sebagai Media Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Metode Bercerita Pada Peserta Didik Kelas B TK Aisyahyah VII Kecamatan Wonosobo Tahun 2010. Jurnal penelitian. https;//hadisetyo.wordpress.com,diunduh tanggal 12 oktober 2016 pukul 16.00 Wita.

Kadarsih, Titin (2017). Skripsi Penggunaan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan bahasa indonesia anak usia 4-5 tahun di Paud Rinjani pln Bendege Mataram Tahun 2016-2017. Fakultas keguruan, Universitas Mataram.

Marini K. “Meningkatkan kemampuan berbahasa melalui metode bercerita menggunakan boneka tangan pada anak kelompok B TK Dawungan 1Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013 (Universitas Surakarta, 2013).

Rahmatiana, F., Astawa, I M. S., Fahruddin, & Rachmayani I (2022). Identifikasi Media Boneka Tangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A Di TK Al-Hamidy Tahun 2022. Journal of classroom Action Research,4(4). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i4,2293.

Rita, K (2009). “Metodelogi pengembangan bahasa anak usia dini. Cendekia insani. Pekanbaru

Sunarsih (2014). Skripsi yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Di Kelompok A TK Perwanida Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2014/2015â€.

Sugiyono (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitafif & Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Uyun, aimah (2015). Skripsi Peningkatan kemampuan berbahasa anak kelompok B melalui permainan sirkuit bisik peran di tk purwinda kabupaten kediri. e-journal pendidikan Universitas Negeri Malang.

Wulandari, Dwi (2020). Skripsi Penerapan metode bercerita dengan media boneka tangan dalam pengembangan bahasa anak pada kelompok B usia 5-6 tahun di TK Cemerlang Karangpandan, kabupaten karanganyar. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyah, Pendidikan Islam Anak Anak Usia Dini.

Winariani , Hesti (2015). Pengembangan kemampuan bicara anak usia 5-6 tahun dengan media boneka tangan di tk darma wanita tanjung sari ampenan tahun ajaran 2014/2015. Mataram. SKRIPSI

Downloads

Published

2024-11-01

Issue

Section

Articles