Pengaruh model PBL (Problem based learning) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 2 Peneda Gandor

Authors

  • Nikmaturrohmah Nikmaturrohmah universitas mataram
  • Siti Istianingsih Universitas Mataram
  • Muhammad Syazali Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik  kelas IV  SDN 2 Peneda Gandor tahun ajaran 2023 / 2024. Metode pendekatan yang di gunakan adalah metode kuantitatif  dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Kontrol Group Design. Rata-rata nilai petest kelas eksperimen sebesar 67,50 dan nilai rata-rata psttest mengalami kenaiakan yang signifikan yaitu 83,50. Adapun kelas kontrol  memiliki nilai pretest sebesar 69,25 dan nilai postrest mengalami kenaikan yaitu 71,75. Teknik analisis data di lakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homohenitas,uji hipotesis, uji n-gain, dan uji effect size. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS 26 for windows diproleh nilai sig.(2-tailed) 0,00 < 0,05 yang dimana Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa  model PBL memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 2 Peneda Gandor

References

Abdullah, I. H. (2013). Berpikir kritis matematik.

Anisa., Asrin & Khair B.N. (2022), Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhada Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus 1 Kecamatan Kuripan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal ilmiah profesi pendidikan. 7(2b), 620-627. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66-75.

Devi, P.S., & Bayu, G.W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Bellajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Visual. Jurnal Mimbar PGSD Undiksa. 238-252.

Facione, PA (2011). Berpikir kritis: Apa itu dan mengapa hal itu penting. Penilaian wawasan , 1 (1), 1-23.

Fathurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovativ: Alternative Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Herzon, H. H., Budijanto., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan, 3(1), 42-46.

Marwah, H.S., Suchyadi, Y & Mahajani, T. (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajara Subtema

Mayer, R. E. (2014). The Cambridge handbook of multimedia learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018).

Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.

Risnawati, A., Nisa, K & Oktaviayanti, 1. (2022), Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Tema Kerukunan Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7(1), 109-115.

Sofyan, H., Wagiran., Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.

Wedyawati, N & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta:Deepublish.

Widiasworo, Erwin. (2017). Strategi & Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (OUTDOOR LEARNING) Secara Aktif, Kreatif Inspiratif & Komunikatif Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Nikmaturrohmah, N., Istianingsih, S. ., & Syazali, M. . (2024). Pengaruh model PBL (Problem based learning) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 2 Peneda Gandor. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 13–18. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.469

Issue

Section

Articles