Upaya Sekolah Dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 2 Lombok Barat
Authors
Dessy Karmilatul , Lalu Sumardi , Bagdawansyah Alqadri , Yuliatin Yuliatin , Yunisca NurmalisaDOI:
10.29303/goescienceed.v5i4.461Published:
2024-11-01Issue:
Vol. 5 No. 4 (2024): NovemberAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang upaya sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2 Lombok Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus dan faktor yang mempengaruhi upaya sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus dan faktor yang mempengaruhi upaya sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2 Lombok Barat. Terdapat 5 upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam pemenuhan hak pendidikan anak berkebutuhan khusus yaitu menerapkan kurikulum merdeka, memberikan pendidikan agama kepada setiap anak berkebutuhan khusus sesuai dengan agama yang dianut, memberikan dan menyediakan program vokasional, memberikan bantuan fasilitas belajar dan beasiswa bagi peserta didik kurang mampu serta memberikan dan menyediakan layanan khusus atau program kekhususan. Berdasarkan upaya tersebut terdapat faktor yang mempengaruhi upaya sekolah dalam memenuhi hak pendidikan anak berkebutuhan khusus diantaranya faktor internal (dukungan penuh dari sekolah, kurangnya tenaga pendidik dan kurangnya sarana dan prasarana) serta faktor ekternal (adanya dukungan dari dinas pendidikan dan kebudayaan atau lembaga maupun kemitraan yang bekerja sama dan persepsi masyarakat). Berdasarkan hasil tersebut, secara keseluruhan upaya yang dilakukan oleh sekolah memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus yang ada di SLB Negeri 2 Lombok Barat agar bisa mendapatkan hak pendidikan sama seperti anak pada umumnya.References
Aprianti, A. N., Mustari, M., Kurniawansyah, E. (2023). Implementasi Penguatan Karakter Religius Siswa Berbasis Budaya Sekolah di Smk Negeri 3 Kota Bima. Pendas:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1723–1733.
Olyvia, F. (2017) "Satu Juta Anak Berkebutuhan Khusus" Artikel CNN Indonesia, Online :https//www.cnnindonesia.com/, Diakses 11 Januari 2024.
Suparno. (2007). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan nasional.
Ardinata, M. (2020). Tanggung Jawab Negara Terhadap Jaminan Kesehatan Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia (HAM). Jurnal HAM, 11(2), 319–332.
Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Edition 3. New York: SAGE Publications.
Salahudin & Alkrienchiehie. (2013). Pendidikan Karakter. Bandung: C.V Pustaka Setia.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alphabet.
Suryaningsih, N. (2021). Ketersediaan Media Pembelajaran. Serang: Interviewed by Siti Laelatul Mard
Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
Pemerintahan Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Nomor :20 Tahun 2003 Tentang sistem Pendidikan Nasional tentang Pendidikan Khusus dan Layanan Pendidikan Khusus. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Muhroji, (2006) Manajemen Pendidikan. Surakarta: Fkip. Ums.
Umam, F., Alqadri, B., & Ismail, M. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Prodi PPKn Fkip Univeritas Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 9(1), 49–56. https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v9i1.288
Tsani, M. I. I., Sumardi, L., Fauzan, A., & Yuliatin, Y. (2023). Penerapan Program Sekolah Ramah Anak Sebagai Upaya Perlindungan Anak dari Kekerasan di SMAN 9 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(2), 1035–1042. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i2.1408
Alqadri, B., Rispawati, R., Kurniawansyah, E., Aulia, D., & Nurmayanti, A. (2023). Efektivitas Rangkaian Kegiatan Sabtu Budaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2536–2540. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1793
Mahadani, D. Mustari, M., Kurniawansyah, E. & Alqadri, B. (2023). Peran Kepala Sekolah dan Guru PPKn Dalam Implementasi Karakter Disiplin Siswa di SMPN 1 Kuripan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2810-2822.
Mifkahi, D. (2020). Implementasi Ekstrakurikuler Keterampilan dalam Peningkatan Kemandirian anak di SLB YPAC Pangkalpinang. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol 4 (1)
Pratiwi, R.P., & Murtiningsih, A. (2013). Kiat Sukses Mengasuh Anak Berkebutuhan Khusus. Cet. 1. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.Yogyakarta. DuHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 55–61.
Wahyuni, S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4 (6) 13404-13408. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.12696