Penerapan Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas 5 SDN 8 Cakranegara
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i4.442Keywords:
gaya belajar, Hasil belajar, Pembelajaran IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS dengan penerapan gaya belajar kelas V SD Negeri 8 Cakranegara. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan kepada siswa kelas V SD Negeri 8 Cakranegara terdapat siswa yang masih menggunakan teknik menghapal, ada pula yang lebih memilih mendengarkan materi yang dijelaskan oleh guru saat pembelajaran berlangsung. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD SD Negeri 8 Cakranegara yang berjumlah 28 peserta didik. Sebagai objek penelitian adalah metode observasi, dokumentasi, dan kuisioner. Dari hasil observasi pada siklus 1 dan siklus II, diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada gaya belajar visual, auditori dan kinestik. Hasil belajar pada gaya belajar visual meningkat 15%, pada gaya belajar auditori meningkat 11, 60% dan pada gaya belajar kinestetik meningkat 17%.pada gaya belajar kinestetik meningkat 17%. Pada siklus I dan II mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 15%. Sehingga dapat dikatakan dengan penerapan gaya belajar dapat meningkatkan hasil belajar IPAS kelas V SDN 8 Cakranegara
References
Adawiyah, T. A., Harso, A., & Nassar, A. (2020). Hasil Belajar IPA Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.31539/spej.v4i1.1636.
Aprilia, B. L. K. ., Jamaluddin, J., Lestari, T. A., & Handayani, B. S. . (2022). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Pujut. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2732–2743.
DePorter, Bobby & Hernacki, Mike. (2000). Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa.
Isnanto & Madarwati A. Hamu, (2022). Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. 8 (1).
Mufidah, Luk Luk Nur. (2017).“Memahami Gaya Belajar untuk Mengetahui Potensi Anak.†Martabat Jurnal Perempuan dan Anak 1, no.2.
Pratiwi, Noor Komari. (2017). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Kependidikan. 1(2).
Saija,L.M. (2020). Analisis Terhadap Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Di Bandung. Jurnal Padegogik 3 (1), 57 – 70.
Sarmasuseni Tampubolon (2023), Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament , Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan (JURDIKBUD): 3 (1).
Saputri, Fajar Isnaeni. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Prima Edukasia. 3 (1) 2016..
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.