Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN 8 Cakranegara pada Mata Pelajaran PPKN dengan Menggunakan Pendekatan CRT

Authors

  • Upe' Sinta Wangi Universitas Mataram
  • I Wayan Merta Universitas Mataram
  • Nursiah Nursiah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.439

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKN dengan pendekatan culturally responsive teaching (CRT). Penelitian ini dirancang dan dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Cakranegaara tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran angket motivasi belajar peserta didik untuk setiap siklus. Angket motivasi terdiri atas 26 pernyataan yang terdiri atas pernyataan positif dan negatif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik kuantitatif. Peningkatan motivasi ini dapat dilihat dari peningkatan persentase motivasi belajar PPKN peserta didik kategori tinggi dari 14,81% pada kegiatan prasiklus menjadi 37,04% pada siklus 1 dan 62,96% pada siklus 2. Kemudian persentase peningkatan motivasi belajar peserta didik kategori sangat tinggi dari 7,40% pada kegiatan prasiklus menjadi 14,81% pada siklus I dan 33,33% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran CRT dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik SDN 8 Cakranegara pada mata pelajaran PPKN.

References

Agnezi, L. A., Dini, A., Anggrain, R., & Maya, W. A. (2017). Analisis motivasi belajar siswa kelas VIIB SMPN 17 kota Jambi pada mata pelajaran IPA. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(2), 14-19.

Amri & Nursida. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Motivasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas Xi IPA Pokok Bahasan Sel SMA Negeri 2. Jurnal Biotek, 5(2), 205–217.

Andika, A. N. A., Anwar, M., Mardinah, S. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Menggunakan Penerapan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) di Kelas VII.A4 UPT SPF SMP Negeri 5 Makasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2). 923 – 930.

Anwar, M. (2017). Filsafat Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Ayu Nurmala, Desi. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksa. Vol.4, No.1.

Fadillah, L. R., Listiawan, T. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP. Journal of Innovation and Teacher Profesionalism, 2(1). 65 – 73.

Kusuma, Z. L., & Subkhan. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMAN 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, 4(1), 164–171.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Robo, R., Taher, T., & Lukman, A. (2021). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Etnokimia untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 225-231.

Samsidar, Linda, J., Aras, A. (2024). Implementasi Pendekatan CRT pada Pembelajaran Seni Budaya untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik. Global Journal Education and Learning, 1(3). 164 – 171.

Sewang, A. (2015). Manajemen Pendidikan. Wineka Media.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Wangi, U. S., Wayan Merta, I. ., & Nursiah, N. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN 8 Cakranegara pada Mata Pelajaran PPKN dengan Menggunakan Pendekatan CRT. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(1), 40–45. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.439

Issue

Section

Articles