Implementasi Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 8 Cakranegara
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v6i1.438Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SDN 8 Cakranegara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 8 Cakranegara yang terdiri atas 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan butir tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dan perhitungan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil analisis data terjadi peningkatan dari pra siklus, siklus 1 ke siklus 2. Pada kegiatan pra siklus ketuntasan klasikalnya sebesar 18%, kemudian meningkat pada siklus 1 persentase ketuntasan klasikalnya sebesar 44% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 91%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 8 Cakranegara.
References
Andina, R., Laranti, M., & Waty, E. R. K. 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi FPB Dan KPK di Kelas V SD Plus IGM Palembang. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 10(2), 121–132. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jisd/article/view/121-132
Apriliani. P. I. Prayito, M. & Jannah, F. M. 2024. Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level (Tarl) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Pedurungan Kidul 0. Journal Of Social Science Research. 4 (2), 1676-1685. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i2.9509.
Apriliawati, D. Budiyono. & Noviana, Y. T. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Metode Drill Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar. 11 (1), 169-179, https://doi.org/10.36706/jisd.v11i1.25.
Attahira, N. Yunus, S. R. & Nasarullah. 2023. Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TARL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. 5 (3), 32-38, https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.857.
Cahyono, S. D. 2022. Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan Nabati di Kelas X.MIA.3 MAN 2 Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6 (2), 2407-12418.
Edizon. & Zan, A. M. 2023. Penerapan Model Discovery Learning Terintegrasi TaRL Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai.
Handayani, E. S. & Subakti, Hani. 2021. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 3 (1). 151-164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633.
Irawati, I., Nurudin. & Ilhamdi, M. L. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA . Jurnal Pijar MIPA. 16 (1), 44-48, http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202
Mutiaratri, R. L. Wijayanti, T. S. Merta, I. W. 2024. Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) di Kelas X-B SMA 1 Labuapi Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 9 (1), 199-204, https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1821.
Prihandini, D. R. Azizah, S. A. & Atikah I. 2023. Sinergi Antara Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level dalam Menghadirkan Lingkungan Belajar Inklusif. Jurnal Teknologi Pendidikan. 1 (2), 1-11, https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.76.
Rahmat, W. & Marzuki, K. & Rahayu, K. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 17 Pare-Pare. Global Jurnal Teaching Profesional. 2 (4), 337-351, https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.1067.
Ricardo & Meilani, I. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1 (1), 79-92, http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000