Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i3.432Keywords:
Lingkungan sekolah, Lingkungan Keluarga, Pembentukan karakterAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pemilihan sampel dengan jumlah populasi 218 dengan menggunakan sampel random sampling yang terdiri dari 92 peserta didik yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Adapun hasil diperoleh setelah uji angket yaitu dengan persentase 63% dari frekuensi 58 dengan kategori baik di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dengan persentase 51,1% dari frekuensi 47 dengan kategori baik Sedangkan pembentukan karakter dengan persentase 57,6% dari frekuensi 53 dengan kategori baik. Uji F dapat di lihat dari hasil f hitung lebih besar dari f tabel (34,219 > 2,72) dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Di simpulkan bahwa variabel lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik.References
Abustang, P. B., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N.
(2023). Analisis Implementasi Pendidikan
Karakter Siswa Pada Pemebelajaran Ips Di
Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan
Dasar), 8(1), 72–78.
https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9762
Asbari, M., Novitasari, D., Silitonga, N., Sutardi, D., &
Gazali. (2020). Pengaruh Kepemimpinan
Transformasional terhadap Kinerja Karyawan:
Peran Kesiapan untuk Berubah Sebagai Mediator.
Jurnal Manajemen, 10(2), 84–99.
https://doi.org/10.30656/jm.v10i2.2371
Baharuddin, I., Pascasarjana, S., Patompo, U., Artikel,
I., & Education, J. (2024). Pengembangan pendidikan
karakter dan profil pelajar pancasila berwawasan
kearifan lokal. 12(1), 1–7.
Jusmawati, J., Satriawati, S., & R, I. (2018). Pengaruh
Motivasi Berafilasi Terhadap Keaktifan Belajar
Matematika Siswa SD Inpres Perumnas Antang
Kota Makassar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan
Dasar), 1(2), 158–165.
https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1571
Khaedar. Fajar, N., & Muh. (2021). Selecta Education
Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap
Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sd Inpres
Borong Jambu Ii Kota Makassar. Selecta Education
Jurnal, 4(1). https://ojs.pgsdunimerz.
Ningsih, P. O., Darsinah, & Ernawati. (2023b).
Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap
Pembentukan Karakter Anak Di Sekolah Dasar.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 443–457.
https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1333
Pratiwi sumardi, W., & Mardhatillah sabillah, B. (2022).
Journal of Islamic Education Management (Vol. 7,
Issue 1).
https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelo
la
Samsudin, S. (2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam
Membentuk Kepribadian Anak. SCAFFOLDING:
Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2),
–61. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.119
Sari, V. K., Hidayat, M. T., Rahayu, D. W., Guru, P., Dasar,
S., Nahdlatul, U., & Surabaya, U. (2021). Jurnal
basicedu. Sari, Vina Kurnia Hidayat, Muhammad
Thamrin Rahayu, Dewi Widiana, 5(4), 2106–2115.
Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter
Bangsa Dalam Pembelajaran Sma. PROMOSI (Jurnal
Pendidikan Ekonomi), 3(1), 36–49.
https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.141
Wahyuni et al., 2022. (2022). Pengaruh Penggunaan Media
Belajar Gadget terhadap Hasil Belajar Matematika pada
Siswa Kelas IV SD Negeri Kota Makassar. Jurnal Riset
Pendidikan Dasar, 05(1), 17–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi dan Geofisika (GeoScienceed)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.