Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik

Authors

  • Rosdiana Universitas Megarezky
  • Muh. Khaedar Universitas Megarezky
  • Jusmawati Universitas Megarezky
  • Perawati Bte Abustang Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i3.432

Keywords:

Lingkungan sekolah, Lingkungan Keluarga, Pembentukan karakter

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pemilihan sampel dengan jumlah populasi 218 dengan menggunakan sampel random sampling yang terdiri dari 92 peserta didik yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Adapun hasil diperoleh setelah uji angket yaitu dengan persentase 63% dari frekuensi 58 dengan kategori baik di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dengan persentase 51,1% dari frekuensi 47 dengan kategori baik Sedangkan pembentukan karakter dengan persentase 57,6% dari frekuensi 53 dengan kategori baik. Uji F dapat di lihat dari hasil f hitung lebih besar dari f tabel (34,219 > 2,72) dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Di simpulkan bahwa variabel lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik.



References

Abustang, P. B., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N.

(2023). Analisis Implementasi Pendidikan

Karakter Siswa Pada Pemebelajaran Ips Di

Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan

Dasar), 8(1), 72–78.

https://doi.org/10.26618/jkpd.v8i1.9762

Asbari, M., Novitasari, D., Silitonga, N., Sutardi, D., &

Gazali. (2020). Pengaruh Kepemimpinan

Transformasional terhadap Kinerja Karyawan:

Peran Kesiapan untuk Berubah Sebagai Mediator.

Jurnal Manajemen, 10(2), 84–99.

https://doi.org/10.30656/jm.v10i2.2371

Baharuddin, I., Pascasarjana, S., Patompo, U., Artikel,

I., & Education, J. (2024). Pengembangan pendidikan

karakter dan profil pelajar pancasila berwawasan

kearifan lokal. 12(1), 1–7.

Jusmawati, J., Satriawati, S., & R, I. (2018). Pengaruh

Motivasi Berafilasi Terhadap Keaktifan Belajar

Matematika Siswa SD Inpres Perumnas Antang

Kota Makassar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan

Dasar), 1(2), 158–165.

https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i2.1571

Khaedar. Fajar, N., & Muh. (2021). Selecta Education

Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap

Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Sd Inpres

Borong Jambu Ii Kota Makassar. Selecta Education

Jurnal, 4(1). https://ojs.pgsdunimerz.

Ningsih, P. O., Darsinah, & Ernawati. (2023b).

Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap

Pembentukan Karakter Anak Di Sekolah Dasar.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 443–457.

https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1333

Pratiwi sumardi, W., & Mardhatillah sabillah, B. (2022).

Journal of Islamic Education Management (Vol. 7,

Issue 1).

https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/kelo

la

Samsudin, S. (2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam

Membentuk Kepribadian Anak. SCAFFOLDING:

Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2),

–61. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.119

Sari, V. K., Hidayat, M. T., Rahayu, D. W., Guru, P., Dasar,

S., Nahdlatul, U., & Surabaya, U. (2021). Jurnal

basicedu. Sari, Vina Kurnia Hidayat, Muhammad

Thamrin Rahayu, Dewi Widiana, 5(4), 2106–2115.

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter

Bangsa Dalam Pembelajaran Sma. PROMOSI (Jurnal

Pendidikan Ekonomi), 3(1), 36–49.

https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.141

Wahyuni et al., 2022. (2022). Pengaruh Penggunaan Media

Belajar Gadget terhadap Hasil Belajar Matematika pada

Siswa Kelas IV SD Negeri Kota Makassar. Jurnal Riset

Pendidikan Dasar, 05(1), 17–25.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Rosdiana, Muh. Khaedar, Jusmawati, & Perawati Bte Abustang. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(3), 621–625. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i3.432

Issue

Section

Articles