Analisis Usaha dan Saluran Pemasaran Agroindustri Kopi dan Gula Aren (Studi Kasus pada CV. Arza Mandiri Perkasa di Desa Kekait Lombok Barat)

Authors

  • Acik Ardiansyah Qutbi Universitas Mataram
  • Nurtaji Wathoni Universitas Mataram
  • Edy Fernandez Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i3.398

Keywords:

Agroindustri, Kopi Robusta, Gula Aren, Pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usaha dan pemasaran agroindustri kopi dan gula aren pada CV. Arza Mandiri Perkasa di Desa Kekait, Lombok Barat. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha agroindustri kopi robusta dan kopi gula semut aren lebih potensial untuk dikembangkan berdasarkan nilai Revenue Cost Ratio (R/C Ratio) masing-masing sebesar 2.10 dan 2.05. Saluran pemasaran yang digunakan meliputi tiga alternatif: langsung ke konsumen, melalui pengecer, dan melalui pedagang besar. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan produksi dan efisiensi pemasaran melalui dukungan pemerintah setempat dan pelatihan bagi produsen.

References

Andi Prastowo, (2011), Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis, Cetakan kedua, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Austin ,JE. 1981. Agroindustrial Project Analysis: Critical Desig Factors. The Johns Hopkins University Press. Baltimore-London

Firdaus, L., dan Sinda. 2003. Peranan Kulit Kayu Buli (Sonneratia sp), dalam Fermentasi Nira Aren Menjadi Minuman Beralkohol. Marina Chimica akta, Kimia Fmipa UNHAS, l5 (1): 24-28.

Karmadi. 2003. Analisa Efisiensi dan Produktivitas Home Industri Ledre (Studi Kasus di Desa Padangan Kecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang.

Keegan, W.J dan Malcolm H.B. 1999. Marketing Plans That Work :Kiat Mencapai Pertumbuhan dan Profitabilitas Melalui Perencanaan Pemasaran yang Efektif. Erlangga. Jakarta.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Lempang, M. dan A.D. Mangopang. 2012. Efektivitas Nira Aren Sebagai Bahan Pengembang Adonan Roti. Jurnal Penelitian Kehutanan Wallacea 1 (1): 26-35

Modern, Yogyakarta: Bagian Penerbitan Akademi Akuntansi YKPN

Nitisemito, A.S,. 1981. Marketing Galia. Jakarta.

Novita, E. Et Al. 2010. Peningkatan Mutu Biji Kopi Rakyat Dengan Pengolahan Semi Basah Berbasih Produksi Bersih. Jurusan Teknik Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian. Unej. Jawa Timur. Malang

Saefuddin, A.M., 1981. Pemasaran Produk Buah-Buahan. Sinar Baru. Bandung.

Soedjarwanto dan Riswan. 1994. Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Batubata di Kabupaten Dati II Banyumas. Laporan Hasil Penelitian Fakultas Ekonomi Unsoed. Purwokerto.

Soekartawi, 2006. Analisis Usahatani. UI-Press. Jakarta.

Soekartawi. 2000. Pengantar Agroindustri. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Soekartawi. 2001. Pengantar Agroindustri. Edisi 1. Jakarta : Cetakan 2. PT Raja Grafindo Persada. Hal 152.

Soekartawi. 2001. Pengantar Agroindustri. Edisi 1. Jakarta : Cetakan 2. PT Raja Grafindo Persada. Hal 152.

Soeseno, S. 2000. Bertanam Aren. Penebar Swadaya. Jakarta

Sudarsono 1988. Ekonomi Sumber Daya Manusia, Krunia Jakarta, Universitas Terbuka Jakarta.

Sukirno 2002. Teori Mikro Ekonomi. Cetakan Keempat Belas. Rajawali Press: Jakarta.

Sunanto, H. 1992. Coklat, budidaya, pengolahan hasil dan aspek ekonominya. Penerbit kanisius. Yogyakarta.

Suratiyah, Ken. 2008. Ilmu Usahatani, Cetakan Ke IV. Penebar Swadaya, Jakarta.

Swastha.1979. Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern, Yogyakarta: Bagian Penerbitan Akademi Akuntansi YKPN

Tjiptono dan Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta

Winardi. 1980. Azaz-azaz Marketing. Bandung: Universitas Padjajaran Press.

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Acik Ardiansyah Qutbi, Nurtaji Wathoni, & Edy Fernandez. (2024). Analisis Usaha dan Saluran Pemasaran Agroindustri Kopi dan Gula Aren (Studi Kasus pada CV. Arza Mandiri Perkasa di Desa Kekait Lombok Barat) . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(3), 496–506. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i3.398

Issue

Section

Articles