Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Melalui Model Learning Cycle 5E
Authors
Intan Tri Rahayu , Ahmad Harjono , Wahyudi , Muhammad TaufikDOI:
10.29303/goescienceed.v5i3.370Published:
2024-08-27Issue:
Vol. 5 No. 3 (2024): AgustusKeywords:
learning cycle 5e, kemampuan berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Batukliang Utara. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian adalah teknik purposive sampling dengan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model Learning Cycle 5E dan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan pembelajaran konvensional. Sebelum dan setelah perlakuan, kedua kelas diberikan tes kemampuan berpikir kritis yang berjumlah 5 soal. Nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 83,57 dan 75,71. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji-t. Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H𝑎 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik.References
Anggraeni. 2013. Implememtasi Strategi Pembelajaran Apriyanti, L. G. E., Dantes, N., dan Partadjaya, T. R. 2013. Pengaruh model siklus belajar 5E terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V di desa penarukan. Jurnal jurusan pendidikan guru sekolah dasar 1 (1).
Apriyanti, L. G. E., Dantes, N., dan Partadjaya, T. R. 2013. Pengaruh model siklus belajar 5E terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V di desa penarukan. Jurnal jurusan pendidikan guru sekolah dasar 1 (1).
Ariesta, M., Harjono, A., & Husniati, H. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5e Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V. Progres Pendidikan, 1(1), 24-32.
Harjono, A., & Hikmawati, H. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gerung. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 7-15.
Latifa, B.R.A., Verawati, N.N.S.P., & Harjono, A., (2017). Pengaruh Model 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, & Evaluate) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MAN 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Vol. 3, No. 1, Hal: 61- 67.
Miskan, H., Wahyudi, W. Verawati, N. N. S. P., & (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 649-654.
Prayogi, S., Hidayat, S., dan Armansyah. 2013. Implementasi Model Pembelajaran 5E untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Lensa Kependidikan Fisika, 1 (1).
Rahma, Alifa Noora. 2012.Keterampilan Berpikir Kritis dan Empati Siswa Journal of Educational Research and Evaluation, Volume 1 No. 2
Septiana, I., Harjono, A., & Hikmawati. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Berbasis Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gerung. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 7-15.
Shofiah, S., Agung, L., dan Siswono, T., (2018) Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbasis Pengajuan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Topik Trigonometri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif- Inovatif, Vol. 9, No. 1, Hal: 54-62.
Snyder, L,. G. dan Snyder, M. J. (2018).Teaching Critical Thinking and Problem solving skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 2, Spring/summer.
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, an R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Yogyakarta: Alfabeta.
Sumarni, W. (2010). Penerapan Learning Cycle Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Inferesia Logika Mahasiswa Melalui Perkuliahan Praktikum Kimia Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4 (1). 523.
Triandini, W., Syahidi, K., Mardi, E. S., & Fartina, F.. (2023). Penerapan project based learning Melalui Lesson Study dalam meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Peserta didik. Journal of Natural Science Education Reseach, 4(2) 44 - 48.
Udayani, P. A., Kusmariyatni, N, Dan Wibawa, I. M. C. 2014. Pengaruh Model Siklus Berbasis 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Desa Kalibukbuk. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Volume 2. No 1.
Yuliana, Y., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan konsep terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Kappa Journal, 4(1).
Yuliati, D. L, Yulianti, D., dan Khanafiyah, S. 2011. Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activittes Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7.
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.