Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Fisika

Authors

  • Khaerus Syahidi
  • Khairun Ni'ami Program Profesi Guru, Universitas Hamzanwadi
  • Fartina Prodi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Hamzanwadi,
  • Laxmi Zahara Prodi Pendidikan IPA, FMIPA, Universitas Hamzanwadi
  • Eko Septi Mardi SMAN 3 Selong

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.337

Keywords:

Project Based Learning Model, Generic Skills, Physical Science

Abstract

This research aims to improve generic science skills by using the Project Based Learning (PjBL) model. This research using the method of classroom action research (PTK) with 2 cycles. Each cycle consists of the stages of planning, implementing actions, observing/observing, and reflecting. The research subjects were class X MIPA 3 of SMAN 3 Selong with a total of 26 people. Data was collected using a test technique to see the increase from cycle 1 to cycle 2. The results showed an increase from cycle 1 to cycle 2 with the percentage of generic science skills from 60.97% to 76.72%, including the medium to high category. The results obtained indicate that there is an increase in generic physics skills by using the Project Based Learning (PjBL) model.

References

Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari. Buana Murni.

Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2016). Analisis penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kreatif siswa SD melalui project based learning. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82-95.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Khasanah, R. A. N. (2015). Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika dan Performance Peserta didik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 4(2).

Kusdiwelirawan, A., Hartini, T. I., & Najihah, A. R. (2015). Perbandingan peningkatan keterampilan generik sains antara model inquiry based learning dengan model problem based learning. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2).

Luthvitasari, N., & Linuwih, S. (2012). Implementasi pembelajaran Fisika Berbasis Proyek terhadap keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif dan kemahiran generik sains. Journal of innovative Science education, 1(2).

Niyanti, P. E., Setyaningrum, F. P., Rachman, G. W., & Wandita, F. (2022). Implementasi Pembelajaran Fisika Topik Usaha dan Energi Berdasarkan Publikasi Ilmiah. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, dan Terapan Teknologi, 1(2), 99-118.

Risna, R., Hamid, A., & Winarti, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Creative Problem Solving Dilengkapi Laboratorium Virtual Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA 2 SMA PGRI 4. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 1(1), 131-142.

Rosidah, T., Astuti, A. P., & Wulandari, V. A. (2017). Eksplorasi Keterampilan Generik Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(2), 130-137.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup.

Selvianti, S., Ramdani, R., & Jusniar, J. (2013). Efektivitas Metode Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IA 2 SMA Negeri 8 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam). Jurnal Chemica, 14(1), 55-65.

Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan media laboratorium virtual terhadap penguasaan konsep fisika siswa pada materi momentum dan impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 61-65.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Tirtarahardja, U dan Sulo, S.L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Widiati, S. I. (2013). Peningkatan Keterampilan Generik Sains dan Hasil Belajar IPA-Fisika dengan Model Learning Cycle 5e Disertai Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Maesan.

Septiyana, D. N., Syahidi, K., & Mardi, E. S. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i2.649

Sunardi, S., Syahidi, K., & Mardi, E. S. (2023). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 3(3), 117–124. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i3.687

Syahidi, K., Hizbi, T., Hidayanti, A., Ditinjau, B., Kemampuan, D., & Kritis, B. (2020). The Effect of PBL Model Based Local Wisdom Towards S tudent ’ s Learning Achievements on Critical Thinking Skills Pengaruh Model PBL Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Prestasi. Kasuari : Physics Education Journal ( KPEJ ) Universitas Papua, 3(1), 61–68.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Syahidi, K., Ni’ami, K., Fartina, Zahara, L., & Mardi, E. S. (2024). Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Fisika . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(2), 229–234. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.337

Issue

Section

Articles