Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Materi Sistem Pernapasan Kelas V SDN 22 Ampenan
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.328Keywords:
Pengembangan, E-Modul Flipbook, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk, mengetahui validasi atau kelayakan, mengetahui kepraktisan, dan untuk mengetahui efektivitas e-modul berbasis flipbook materi sistem pernapasan kelas V SDN 22 Ampenan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahapan dalam pengembangan yaitu: 1) Analisis: analisis kebutuhan, kurikulum, dan peserta didik, 2) Desain: menyusun isntrumen dan soal, memilih materi dan aplikasi, serta mernacang produk, 3) Pengembangan: konsultasi produk, validasi media, validasi materi, dan validsai bahasa, serta uji coba kepada peserta didik di kelas uji coba yaitu V-B dan guru untuk melihat kepraktisan produk. Hasil validasi media sebesar 83%, materi sebesar 93,84%, bahasa sebesar 100%, respon siswa sebesar 90,66%, dan respon guru sebesar 97,39%. 4) Implementasi: dilakukan penerapan e-modul berbasis flipbook pada kelas sesungguhnya yaitu V-A, 5) Evaluasi: dilakukan penilaian terhadap hasil evaluasi siswa untuk melihat efektivitas produk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Paired sample t-test dengan bantuan IBM SPSS Statistic 26.0 for Windows diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0.05 berarti ada perbedaan rerata pre-test dan post-test. Maka dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis flipbook efektif meningkatkan hasil belajar pada materi sistem pernapasan kelas V SDN 22 Ampenan.
References
Afrizal, D., Kusniawan, W., Tartiburrohman, F., Fajrul, M., Munauwarah, R., & Setiawan, F. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Mengenai Perkembangan Dan Peningkatan Profesional Profesi Guru. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 213-225.
Alam, A., Dewi, N. K., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Bima Tema 8 Subtema 2 Untuk Kelas IV SDN INPRES RATO Tahun Pelajaran 2020/2021. PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar.
Amelia, D. J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Cetak Dalam Bentuk Komik Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(2), 136-143.
Enha, H. (2019). Pengembangan Media Monopoli Tematik Tema Cita-Citaku Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV MI Al-Mufidah Sidodadi Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi [Thesis]. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Educatio, 11(1), 90-105.
Nurbaeti, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Journal Cakrawala Pendas, 5(1).
Prastowo, A. (2018). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rasya, G. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Suku Sasak Pada Materi IPS Kelas IV di SDN 22 Ampenan. Mataram: Universitas Mataram.
Romdhoni, M., & Kamarudin, N. (2018). Efektivitas Teknik Modeling Dalammeningkatkan Rasa Percaya Diri Santri Dipondok Pesantren Assalafi Al-Fithrah Surabaya. Jurnal Transformatif, 2(1), 374-38
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta: Alfabeta.
Surahman, E., & Surjono. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 26-37, 26-37. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723
Usman, A., Dewi, N., & Indraswati, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Flipbook Berbantuan Aplikasi Flip PDF Corporate Edition Muatan IPS Kelas IV SDN 48 Cakranegara. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 1-7.
Winastiti, L., & Khayati, E. Z. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Praktek Sulaman Bebas Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Di MAN 2 Kulon Progo [Thesis]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.