Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Educaplay pada Mata Pelajaran PPKn
Authors
Dila Nurmaizura , Dian Rabiatul Munawarah , Madani Putri , Leila Asparini , Fardiansyah , Hermanto Jaelani , Edy HeriantoDOI:
10.29303/goescienceed.v5i2.321Published:
2024-05-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2024): MayKeywords:
Model Pembelajaran CTL, Educaplay, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang diintegrasikan dengan platform Educaplay dalam meningkatkan performa akademik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di tingkat VII SMPN 16 Mataram. Investigasi dilakukan melalui metodologi kuantitatif dengan rancangan kuasi-eksperimental, mengadopsi desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Subjek penelitian mencakup keseluruhan siswa kelas VII, mulai dari VII-A sampai VII-D. Kelas VII-A dipilih sebagai kelompok yang menerima intervensi (eksperimen), sementara VII-C berfungsi sebagai kelompok pembanding (kontrol). Pengumpulan data melibatkan observasi dan evaluasi tertulis untuk mengukur capaian belajar PPKn di kedua kelompok. Analisis data melalui tahapan uji prasyarat dan pengujian hipotesis. Temuan penelitian mengungkapkan adanya dampak yang bermakna dari implementasi model CTL dengan dukungan Educaplay terhadap prestasi belajar peserta didik. Hal ini dikonfirmasi oleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,019, lebih rendah dari ambang batas signifikansi 0,05. Konsekuensinya, hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Tinjauan statistik deskriptif memaparkan bahwa rerata skor pra-tes untuk kelompok eksperimen adalah 73,8462, sedangkan kelompok kontrol mencapai 74,2308. Pasca intervensi, rerata skor kelompok eksperimen meningkat menjadi 86,1538, sementara kelompok kontrol hanya mencapai 75. Disparitas ini menegaskan bahwa kelas yang mendapatkan perlakuan khusus mengungguli kelas tanpa perlakuan dalam hal pencapaian akademik. Berdasarkan bukti-bukti tersebut, dapat diinferensikan bahwa pengintegrasian model pembelajaran CTL dengan media interaktif Educaplay memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn.References
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Aini, R., Ismail, M., & Zubair, M. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Time Token Arends Berbantuan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas XI SMKN 4 Matararm. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(1).
Astika, S., Herianto, E., Sawaludin, S., & Sumardi, L. (2023). Pengaruh Implementasi E-Learning Berbasis Quizizz Terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 154-160.
Batitusta, F. O., & Hardinata, V. (2024). Pengaruh Implementasi Media Permainan Edukasi Educaplay Berbasis Gadget terhadap Hasil Belajar Menulis Esai. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2685-2690.
Degeng, I. N. S., Utaya, S., & Kuswandi, D. (2022). The influence of types of collaborative learning models jigsaw vs discovery learning model and learning discipline on learning results. Pegem Journal of Education and Instruction, 12(2), 166-178.
Fajri, L., Herianto, E., & Sawaludin. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 2 Lingsar. MANAZHIM, 4(2), 371-382.
Hursen, C., Paşa, D., & Keser, H. (2023). High School Students’ Use of Information, Media, and Technology Skills and Multidimensional 21st-Century Skills: An Investigation within the Context of Students, Teachers, and Curricula. Sustainability, 15(16), 12214.
Mu’aafii, M. K., & Anistyasari, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Berdasakan Gaya Belajar Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 4(02).
Nurmasita, N., Ismail, M., & Fauzan, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Nearpod pada Mata Pelajaran PPKn di MTsN 2 Mataram. Manazhim, 4(2), 308-318.
Ockta, Y., & Mardesia, P. (2023). A Correlational Study: Pedagogical and professional competence of physical education teachers in relation to the implementation of the Merdeka curriculum. Journal of Physical Education and Sport, 23(12), 3325-3331.
Reza, R., Ismail, M., & Yuliatin, Y. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping jenis Laba-Laba (Spider Concept Map) terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran PPKn DI SMPN 3 Labuapi. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(1).
Ricahyono, S., & Arifin, S. (2016). Pelatihan Penyusunan Kegiatan Pembelajaran Paikem Inovatif Berbasis 101 Metode Guna Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Mgmp Madrasah Tsanawiah Se-Kabupaten Madiun. Jurnal Terapan Abdimas, 1, 43-48.
Rohmatullah, A. A., & Purwanti, K. Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan media aplikasi berbasis android dengan Thunkable Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 02 Candirejo 02. Jurnal Sekolah Dasar, 2(6), 94-99.
Rizkiyansyah, N., Khery, Y., & Dewi, C. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran CTL berbantuan Media Aplikasi Android terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur. Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Suprapti, P. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berbantuan Media Bangun Datar Papan Tempel Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV DI SDIT Tunas Insan Cendekia Lampung Selatan”. Disertasi. UIN Raden Intan Lampung.
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.