Penerapan Metode Permainan Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV-B Di SDN 1 Bengkel
Authors
Intan Dzulkhairani , Izur Mizwar , Jezy Afriza , Ike Trisnawati , Indah Permatasari , IlhamDOI:
10.29303/goescienceed.v5i2.319Published:
2024-05-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2024): MayKeywords:
Metode Permainan Wordwall, Hasil Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan permainan wordwall sebagai metode pembelajaran dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek yang digunakan adalah 14 siswa kelas IV-B SDN 1 Bengkel. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar mata pelajaran IPS pada siklus I sebesar 68,57. Berdasarkan hasil siklus I yang masih dalam kategori rendah, maka peneliti memutuskan untuk melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata hasil belajar mata pelajaran IPS sebesar 83,57 yang berarti hasil tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran wordwall game dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV-B SDN 1 Bengkel.References
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Word Wall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835.
Afiani, R., & Septiani, N. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 7–17.
Arifah, A. N., Rahma, A. L., Savon, I. M., Mutiara, K., Sekarningrum, S. A., & Marini, A. (2023). Pembelajaran IPS Sekolah Dasar dengan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 115–122.
Astuti, W. W., Yahya, M., Mustansir, M., Santrianti, I., & Syamsinar, S. (n.d.). Efektivitas Aplikasi pada Hasil Belajar IPS Siswa. EduNaturalia: Jurnal Biologi Dan Kependidikan Biologi, 4(1), 23–28.
Budiarti, Y., & Yunaini, N. (2022). Implementasi Permainan Ball Relay dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 157–162.
Burns, A. (2005). Action research. In Handbook of research in second language teaching and learning (pp. 241–256). Routledge.
Febriani, M. (2021). IPS dalam Pendekatan Konstruktivisme (studi kasus budaya melayu jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61–66.
Meishinta, M., Farisma, S., Perdana, F. P., Munawwar, M. Z., & Apriani, F. (2023). Permainan Rujak-Rujak sebagai Media Pembelajaran Konsep Perkalian Bilangan Bulat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 658–667.
Nurdin, M., & Dewi, R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall terhadap hasil Belajar IPS: Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Negeri 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Global Journal Basic Education, 2 (1), 69–78.
Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. (2019). Pengaruh Media Puzzle terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(01), 1–6.
Pertiwi, D. M. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Wordwall pada Pelajaran IPS Kelas IV di UPT SDN 16 Supayang, Sehran (Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kewarganegaraan), 3 (1), 36–43.
Sari, E. D. K., Zamakhsari, A., Pujianti, Y., Mursidi, W., & Nadar, W. (2021). Pendampingan Pembelajaran bagi Guru PAUDQU dan Guru TPQ Al-Ikhlas: Bermain dan Belajar Yang Menyenangkan Parenting Untuk Orang Tua Urban. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall pada Pembelajaran IPA bagi Guru-guru SDIT Al-Kahfi. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.
Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Berbantuan Permainan Edukatif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593–5600.
Supriatna, H., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Ludo Untuk Pembelajaran IPS di SDIT Anak Kreatif Bandung Barat. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2337–2345.
Tiara, M. S. W., & Hamidah, D. N. (2023). Monopoli Learning: Efektivitas Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. LOA: Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 18(1).
Wallace, M. J. (1998). Action Research for Language Teachers. Cambridge Teacher Training and Development, 273.
Yudiyanto, M., Arifillah, M. J., Ramdani, P., & Masripah, I. (2022). Penerapan Permainan Ular Tangga sebagai Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA. MURABBI, 1(1), 1–13.
Yuliana, I., Sukmana, E., & Dahlani, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Materi Peristiwa Mengisi Kemerdekaan. Sebelas April Elementary Education, 2(3), 285–296.
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.