Kelayakan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Alat Musik Sarone Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Authors
Febiyanti Ansumarwaty , Agus Abhi Purwoko , Burhanuddin , Joni Rokhmat , Satutik RahayuDOI:
10.29303/goescienceed.v5i2.316Published:
2024-05-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2024): MayKeywords:
Perangkat pembelajaran, model PjBL, alat musik sarone, kemampuan berpikir kritisAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Perangkat pembelajaran berbantuan alat musik sarone merupakan perangkat yang dikaitkan dengan media alat musik sarone. dan terdiri atas RPP, bahan ajar, LKPD dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini meggunakan model 4D yakni define, design, develop, dan disseminate. Instrumen berupa lembar validasi berbentuk penilaian dengan skala likert 1-4. Penilaian ini melibatkan 3 validator ahli pada bidang fisika dan 2 validator praktisi, yakni guru mata pelajaran fisika di SMAN 1 Lembar. Hasil validitas produk menunjukkan persentase dan kategori sebagai berikut: RPP 89,02% (sangat valid); bahan ajar 87,88% (sangat valid); LKPD 91,92% (sangat valid); dan instrumen tes 90,06% (sangat valid) dan untuk nilai reliabilitasnya dengan rata-rata di atas 75%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran layak digunakan..References
Ansumarwaty, F., ’Ardhuha, J., Hikmawati., Makhrus, M. (2023). Development of Student Worksheet for Sound Waves Based on Project Based Learning Model to Improve Students' Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9 (8): 6255.
Arif, F, S, D., Zaenuri., Cahyono, N, A. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Astuti, D, A, I., Sumarni, A, R., Saraswati, L, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 3 (1): 58.
Ennis, H, R. (2013). Theory Into Practice Critical Thinking Assessment. England: University of Birmingham.
Fitri, H., Dayan, W, I., Suharjo. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset dan Konseptual, 3 (2).
Jalaluddin. (2016). Model-model Pembelajaran dan Implementasi dalam RPP. Palembang: Media Mutiara Lentera.
Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6 (3): 273.
Makhrus, M., M., Wahyudi, W., Taufik, M., & Zuhdi, M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis CCM-CCA pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Pijar MIPA, 15 (1): 54-58.
Nainggalon, S, S., Johan, P, H, D., Purwanto, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar di SMAN 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14 (1) : 40.
Nurtikawati., Rustiani, W, K., Hadi, T, A. (2022). Inventarisasi Alat Musik Tradisional Berbahan Dasar Bambu di Museum Sulawesi Tenggara. Communnity Development Journal, 3 (3): 2170.
Oktariani., Febliza, A., Fauziah, N. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia sebagai Kesiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Journal of Natural Science and Integration, 3 (2) : 123.
Parwati, W, N., Suarni, K, N., Suastra, W, I., Adnyana, B, P. (2019). The Effect of Project Based Learning and Authentic Assessment on Students’ Natural Science Learning Outcome by Controlling Critical Thinking Skill. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Series 1318.
Permata, D, M., Koto, I., Sakti, I. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1 (1).
Putri, H, R., Lesmono, D, A, Aristya, D, P. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6 (2) : 168.
Riduwan, R. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rositawati, N, D. (2018). Kajian Berpikir Kritis pada Metode Inkuiri. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya), E-ISSN: 2548-8325 / P-ISSN.
Sriyansyah, P, S., Anwar, K. (2021). Pembelajaran Gelombang Bunyi Menggunakan Alat Musik Suling dan Gawai pada Pelajaran IPA SMP di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Natural Science and Integration, 4 (2): 178.
Staacks, S., Hűtz, S., Heinke, H., Stampfer, C. (2018). Advanced Tools for Smartphone-based Experiment: Phypox. Journal Physics Education, 53 (4), 045009.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Intructional Developmentfor Training Teachres of Exeptional Childern. Minnesota: University Minnesota.
Utama, D, O, K., Sukaswanto. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngawen. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2 (2) : 89.
Wismaningati, P., Murbangun, N., Triastuti, S., Sunarko, E. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Koloid Berbasis Proyek Bervisi Stes. Jurnal Kimia FMIPA. 13 (1): 2287-2294.
Zang, J., Kim, Y., Dong, J. (2022). New Evidence on Technological Acceptance Model in Preschool Education: Linking Project Based Learning (PBL), Mental Health, and Semi Immersive Virtual Reality with Learning Performance. Poland: UTP University of Science and Technology.
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.