Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X pada Materi Dinamika Rotasi
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.314Keywords:
Model PBL, keterampilan berpikir kritis, dinamika rotasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas x pada materi dinamika rotasi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non quivalent control group design. Populasinya seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Monta. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik purposive sumpling dengan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model PBL dan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada saat sebelum dan sesudah perlakuan, kedua kelas diberi tes keterampilan berpikir kritis yang berjumlah 10 soal. Hasil tes awal dan tes akhir keterampilan berpikir kritis dianalisis homogenitas dan normalitasnya untuk melakukan uji hipotesis. Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X pada materi dinamika rotasi.
Keywords: PBL, keterampilan berpikir kritis, dinamika rotasi.
References
Astika, Urip, Dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah Siswa dan Keterampilan Berpikir Kritis. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Vol. 3.
Cahyanignsih Dan Gufran. 2016. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Karakter Kreatif dan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter, VI (1).
Dianawati, N. L., Riastini, N., Pudjawan. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas 5 SD No. 1 Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1-9.
Eldy, E.F. & Sulaiman, F. 2013. The Capability of Integrated Problem Based Learning in Improving Student’s Level of Creative-Critical Thinking. International Journal of E-Education, E-Business, E-Management and E-Learning, 2 (4).
Fitriani R., Suharman, E.m & Azzahra, I. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Quangga : Jurnal Pendidikan Dan Biologi. 11 (1) : 6-11.
Leonard., & Niky A. 2017. Pengaruh Adversity Quotient (Aq) Dan keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika.
Rosnaeni. 2021. Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu. Vol. 5 (5).
Satwika, Y, W., Hermien, L., Khoirunnisa, R, N. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teori Dan Praktik. Vol. 3, No. 1: 7-12.
Sudarisman. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Opotimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florne. 2 (1):29-33
Susiwi, I. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Ilmiah Skylandsea, 2(1), 93- 99.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.