Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis Kearifan Lokal Sasak pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri Punik
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.311Keywords:
media kartu kuartet, kearifan lokal Sasak, IPASAbstract
Proses pembelajaran yang berkualitas sangat didukung oleh adanya media yang tepat dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan media kartu kuartet berbasis kearifan lokal Sasak untuk peserta didik kelas IV SD Negeri Punik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Punik sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitian dan pengembangan media kartu kuartet berbasis kearifan lokal Sasak berdasarkan aspek valid, praktis, dan efektif: a) Penilaian dari ahli media mendapat persentase sebesar 89,33% dengan kriteria valid, penilaian dari ahli materi mendapat persentase sebesar 88% dengan kriteria valid, dan penilaian dari ahli bahasa mendapat persentase sebesar 96,5% dengan kriteria sangat valid. b) Hasil respon peserta didik pada uji coba kelompok kecil sebesar 96% dengan kriteria sangat praktis, respon peserta didik pada uji coba kelompok besar sebesar 95% dengan kriteria sangat praktis, dan respon guru sebesar 91% dengan kriteria sangat praktis. c) Hasil tes peserta didik memperoleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% yang menunjukkan bahwa media dikategorikan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri Punik. Maka dapat disimpulkan bahwa media kartu kuartet berbasis kearifan lokal Sasak dinyatakan valid, praktis, dan efektif pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri Punik.
References
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Kemdikbud. (2022). Proyek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://drive.google.com/drive/folders/1hWJF_aa1QJKc2POtF71rOwp__WyBbgKZ
Laely, I. N., & Rukmi, A. S. (2021). Pengembangan Media KUSUKA untuk Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jpgsd, 09, 3145–3154.
Mariani, M. Y. S., & Setiawati, E. (2022). Pengembangan Media Kartu Kuartet ASEAN pada Muatan Pembelajaran IPS. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 90–97. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.348
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.
Rahadian, D. (2017). Teknologi informasi dan komunikasi (tik) dan kompetensi teknologi pembelajaran untuk pengajaran yang berkualitas. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 234–254.
Rummar, M. (2022). KEARIFAN LOKAL DAN PENERAPANNYA DI SEKOLAH. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1580–1588.
Saputri, Y., Saflin, Sylvia Lara,. & Junaidi, Ilham Aevan. (2022). Pengembangan Media Kartu Kuartet Bagian Tubuh Manusia “BATU†Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 315-324. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.648
Ulandari, S., Dewi, N. K., & Istiningsih, S. (2022). Pengembangan Alat Peraga Jari Baru (Jaring-Jaring Bangun Ruang) Berbasis Inkuiri pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VI SDN 02 Pejanggik Praya Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 216–222. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.428
Wulandari, Mega Ayu. (2019). Pengembangan Media Kartu Kuartet untuk Keterampilan Menulis Narasi Sugestif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3337-3347
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.