Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Strip Story Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV SDN Bree

Authors

  • Annashrullah Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataraam
  • Muhammad Erfan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.310

Keywords:

Learning Media, Strip Story Series Image, Narrative Writing Skills

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh rendahnya keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas IV SDN Bree. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar seri strip story terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa kelas IV SDN Bree. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain quasi eksperimental desain dengan bentuk one group pretest postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bree. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, dimana semua populasi menjadi sampel. Metode pengumpulan data berupa observasi dan tes. Observasi digunakan untuk menilai keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media gambar seri strip story, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data nilai hasil menulis teks narasi siswa. Berdasarkan hasil uni paired sampel t-test, diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media gambar seri strip story terhadap keterampilan menulis teks narasi siswa kelas IV SDN Bree. 

References

Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Depok, Indonesia: PT RajaGrafindo Persada.

Devi, K. (2023). Pengaruh Penerapan Model Generative Berbantu Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Pada Peserta Didik Kelas V SDN 6 Metro Barat. (Skripsi tidak dipublikasi). Universitas Lampung.

Fatmawati, D., Khusnul, F. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Pembelajaran Kontekstual Kelas IV SDN Sukabumi Utaran 04 pagi. Jurnal Eduscience. 4(1), 38-46. Diakses pada: https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/5.-Peningkatan-Keterampilan-Menulis-Narasi-Melalui-Pembelajaran-Kontekstual-Kelas-IV-SDN-04-PAGI.pdf

Gereda, A. (2020). Keterampilan Berbahasa Indonesia. Tasikmalaya, Jawa Barat: Edu Publisher.

Husna, A. (2014). Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. (Skripsi tidak dipublikasikan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Nuryadi., Astuti, T. D., Utami, E. S., Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Rizqi, M., R. (2018). Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 7(2), 137-154. Doi: 10.24235/ibtikar.v7i2.3363

Sardila, V. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi. Jurnal Pemikiran Islam. 40(2), 110-117. Doi: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v40i2.1500

Sarwono, J. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Group.

Subekti, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Baturaden. Jurnal Pembelajaran dan Sastra. 5(1), 10-22. Doi: 10.30595/mtf.v5i1.50233

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Annashrullah, Erfan, M., & Tahir, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Strip Story Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas IV SDN Bree. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(2), 138–141. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.310

Issue

Section

Articles