Pengembangan Kit Gerak Lurus Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Dan Sensor Infrared Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik

Authors

  • Syahrial Ayub Universitas Mataram
  • Fahmi Firdaus Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Mataram
  • Jannatin 'Ardhuha Program Studi Pendidkan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Susilawati Program Studi Pendidkan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.303

Keywords:

Kit Gerak Lurus, Mikrokontroler Arduino Uno , Sensor Infrared, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan revolusi industri 4.0 yang menuntut integrasi teknologi dalam pendidikan, khususnya dalam pembelajaran fisika. Tujuan utama penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa kit gerak lurus berbasis mikrokontroler arduino uno dan sensor infrared yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (development research) yang dikembangkan oleh Jan Van Der Akker dengan langkah-langkahnya meliputi penelitian pendahuluan, tahap pembuatan prototipe, evaluasi sumatif, dan refleksi sistematik dan dokumentasi.  Produk yang dikembangkan berupa kit gerak lurus berbasis mikrokontroler arduino uno dan sensor infrared didukung dengan perangkat lainnya yaitu modu ajar, LKPD, dan instrumen tes keterampilan proses sains. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon peserta didik serta instrumen tes. Validitas produk dinilai oleh 3 validator ahli dari dosen fisika dan 3 validator praktisi dari guru mata pelajaran fisika yang dianalisis menggunakan skala Likert. Kepraktisan diperoleh dari lembar pengamatan oleh guru dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan. Efektivitas diperoleh dari hasil uji coba terbatas produk berupa peningkatan nilai pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil validitas produk yang dikembangkan memiliki persentase yaitu kit 93,18%; modul ajar 90,42%; LKPD 92,05%; dan instrmen tes 88,64 dengan kategori sangat valid serta reliabel rata–rata di atas 75%, sehingga produk dapat dikatakan layak digunakan. Hasil kepraktisan produk yang dikembangkan berupa lembar keterlaksanaan oleh guru dan respon peserta didik sebesar 95,00% dan 93,85% dituliskan secara berurutan dengan kategori sangat praktis. Hasil perolehan uji N-gain untuk keterampilan proses sains peserta didik sebesar 0,42 dengan kategori sedang dan termasuk ke dalam kriteria cukup efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kit, modul ajar, LKPD, dan instrumen tes yang dihasilkan layak, sangat praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

References

Arduino.cc. (2018). What's Arduino? Diakses pada 05 November 2023, dari https://www.arduino.cc/en/Guide/Introduction

Bhakti, A. K., Solihin, F., & Damayanti, F. (2017). Pengembanganm-Learning Bahasa Arab Berbasis LTSA Dengan Pendekatan ADDIE. Jurnal Simantec, 6(2). DOI: https://doi.org/10.21107/simantec.v6i2.3809

Fa'izah, J. N. (2021). Pengembangan Alat Peraga Papan Inklinasi Berbasis Arduino Pada Materi Dinamika Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik (Bachelor's thesis), Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jisyakirin, R. (2023). Rancang Bangun Trainer Kit Mikrokontroler Arduino Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Piranti Sensor Dan Aktuator Di Smk Negeri 1 Cibinong (Doctoral Dissertation), Universitas Negeri Jakarta.

Khalid, M. (2024). Mendesain Modul Trainer Kit Pengendalian Kecepatan Motor Dc Menggunakan Perintah Suara Berbasis Mikrokontroler Arduino (Doctoral dissertation), UIN AR-RANIRY Banda Aceh.

Makhrus, M.., Wahyudi, W., Taufik, M., & Zuhdi, M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis CCM-CCA pada Materi Dinamika Partikel. Jurnal Pijar MIPA, 15 (1): 54-58. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v15i1.1002

Matsun, M., Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Perancangan media pembelajaran listrik magnet berbasis android di program studi pendidikan fisika IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 7(1), 107-117. DOI: https://doi.org/10.31571/saintek.v7i1.774

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Buku ajar praktis cara membuat penelitian. Pantera Publishing.

Oktafiani, P., Subali, B., & Edie, S. S. (2017). Pengembangan alat peraga kit optik serbaguna (AP-KOS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 189. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14496

Solikha, N., Suchainah., Irfah, R. (2020). Efektifitas Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa X IPS MAN Kota Pasuruan. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 11 (1): 31-42.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, A. A., & Faradina, F. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 3 Kota Ternate. KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika, 4(1), 1-16. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.7243069

Van den Akker, J., Gravemeijer, K., Mckenny, M., & Nieveen, N. (2019). Design research from a learning design perspective Educational Design Research. Educational Design Research, 45–85. DOI: https://doi.org/10.4324/9781315105642

Zeidan, A. H., & Jayosi, M. R. (2015). Science Process Skills and Attitudes toward Science among Palestinian Secondary School Students. World journal of Education, 5(1), 13-24.

Zubaidah, S. (2019). Pendidikan karakter terintegrasi keterampilan abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 1-24. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Ayub, S., Firdaus, F., ’Ardhuha, J., & Susilawati. (2024). Pengembangan Kit Gerak Lurus Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno Dan Sensor Infrared Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(2), 118–122. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.303

Issue

Section

Articles