Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Matapelajaran Matematika Kelas IV di SDN 1 Mamben Lauk Tahun Pelajaran 2023/2024

Authors

  • Hadiyaturrido STKIP Hamzar

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Matapelajaran Matematika Kelas IV Di SDN 1 Mamben Lauk. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Mamben Lauk yang terdiri dari 19 siswa, 11 laki-laki dan 8 perempuan. Dan objeknya adalah Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, pada siklus terdiri dari 6 kali pertemuan. Teknik analisis data adalah analisin deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat pada perubahan yang signifikan, dimana hasil analisis keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran meggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam dua siklus mengalami peningkatan secara signifikan yang dimana siklus I diperoleh persentase klasikal 68% dengan kriteria cukup baik dan siklus II diperoleh data persentase klasikal 78,95% dengan kriteria baik. Dan selisih peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II mencapai 10,95%. Sedangkan hasil tes kemampuan berpikir kritis diperoleh data sebelum tindakan perbaikan dilkukan nilai rata-rata siswa secara klasikal hanya mencapi 26,32 dan persentase klasikal 0%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran pada sikluss I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 62,78 dan persentase klasikal 42,11%, dengan jumlah siswa 8 orang masuk kriteria cukup. Kemudian pada siklus ke II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 77,37 dan persentase klasikal 78,95% dengan jumlah siswa 15 orang masuk kriteria baik. Dan selisih nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II mencapai 14,59 sedangkan selisih persentase klasikal kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 36,84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis pada matapelajaran Matematika kelas IV SDN 1Mamben Lauk.

References

Eny Sulistiani dan Masrukan (2016), Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk menghadapi tantangan MEA, Seminar Nasional Matematika, Universitas Negeri Semarang, hlm. 207.

Efania Aulia Mardiyah, (2018). “Pengaruh Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN Kota Batuâ€, (skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018), hlm. 32

IGAK Wardani & Kuswaya Wihardit, (2017). Penelitian Tindakan Kelas , Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Lusi Snoopi, (2018), Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMPN 1 Sanga Desa (MUBA), Skripsi, FITK UIN Raden Fatah Palembang, hlm.2

Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.

Widha Nur Shanti, dkk., (2018), Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui CTL, Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 5, No. 1, hlm. 100

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Hadiyaturrido. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Matapelajaran Matematika Kelas IV di SDN 1 Mamben Lauk Tahun Pelajaran 2023/2024 . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(2), 114–117. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.297

Issue

Section

Articles