Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA

Authors

  • Amalia Ulfa Universitas Mataram
  • Ni Nyoman Sri Putu Verawati Universitas Mataram
  • Kosim Kosim Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i1.294

Keywords:

model pembelajaran kooperatif, model two stay two stray, hasil belajar fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA pada materi momentum dam impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Wawo tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent kontrol group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 2 Wawo dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster Random Sampling. Terdapat dua sampel yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Data penelitian diambil menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 15 soal. Instrumen penelitian yang digunakan berupa uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal, dan daya beda soal. Teknik analisis data berupa uji homogenitas sampel, normalitas data, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Data didapatkan dari hasil pre-test dan post-test bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA.

References

Aji, Tri Purnomo & Wulandari, Siti Sri. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Of Administration Education and Practice, 1(3), 340-350.

Gunawan., Harjono, A., & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Gumay, Ovilia Putri Utami. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuklinggau. Science and Physics Education Journal, 1(1), 49-58.

Jagantara, I M W, Adyana, & Widiyanti. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Jurnal Program Pascasarjana Undiksha, 4(1), 1-13.Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Purba, Leony Sanga Lamsari. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Koloid. Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 1(2), 137-151.

Putri, Presti Kiran., Hidayatullah, Achmad., & Shoffa, Shoffan. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar. Jurnal Matematika Ilmiah, 6(1), 24-36.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Selvianti., Ali, M. Sidin., & Helmi. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Srtay Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XIIA SMAN 1 Lilirilau. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 11(1), 22-23.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warsono. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-06-26

Issue

Section

Articles