Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Simulasi Phet Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik SMAN 8 Mataram
Authors
Syafira Agustina , Wahyudi Wahyudi , Ni Nyoman Sri Putu VerawatiDOI:
10.29303/goescienceed.v5i1.293Published:
2024-06-26Issue:
Vol. 5 No. 1 (2024): FebruaryKeywords:
Project Based Learning ,Keterampilan Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning Berbantuan Simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik di SMAN 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan menggunakan non-equivalent control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 8 Mataram tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 5 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 159 orang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen sebanya 31 orang dan X MIA 5 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan simulasi PhET, sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvesional. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil akhir kemampuan berpikir kritis diperoleh dengan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen 80,033 dengan kriteria kritis dan kelas kontrol 67,404 dengan kriteria sedang. Hipotesis penelitian ini dianalisis menggunakan uji t polled varians, diperoleh thitung sebesar 5,52 dan ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikan 5%, sehingga didapatkan thitung lebih besar dari ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Uji N-Gain dilakukan bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah diberikan perlakuan, sehingga didapatkan N-Gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kriteria tingggi dan kelas kontrol sebesar 0,59 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan simulasi PhET terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik SMAN 8 Mataram.References
Amalia, R., Kosim, K., Gnada, IW (2022). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah menggunakan simulasi PHET terhadap sikap ilmiah dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2b), 747-756.https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.702
Anglane, N., Suana, W., dan Cessnan, F. (2020). Dampak penerapan blended learning hukum gerak Newton terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah. Fur Rock: Jurnal Pendidikan, 16(1), 22-36.https://doi.org/10.32939/tarbawi.v1 6i01.520
Angreny, YD, Festied, F., dan Aslijal, A. (2019). Meta-analisis efektivitas model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA. Poin-Poin Penting Pendidikan Fisika, 12(4).
Alifin, MM, Plastow, SB, dan Hallijant, A. (2022). Dampak penggunaan simulasi Phet dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16-27.
Fakhriyah, F., Masfuah, S., Hilyana, F.S. 2022. TPACK dalam pembelajaran IPA. Pekaron: PT. Nasuya memperluas bisnisnya
IW Gnada, R Ismi, NNSP Belawati, S. Storio (2023). Ini merupakan analisis pemecahan masalah dan tes berpikir kritis materi akustik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 489-495.https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1368
Hadhyanti, D.R., Ketut Mahaldika, I., dan Astutic, S. (2018). Mengenali peran generasi milenial melalui pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menyongsong generasi emas (Volume 3).
Hidayatin, S., Verawati, NNSP, dan Susilawati, S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemahiran konsep Fisika, Mekanika, dan Impuls Kelas X. Jurnal Ilmu Pendidikan Profesi, 7(2b), 663-671.https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.623
Islamia, A.F., Rahayu, S., dan Belawati, NNSP (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah yang didukung LKS terhadap kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik SMAN 1 Lingsar Tahun 2016/2017. Lensa: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 29-36.
Christanti, YD, Sviki, dan Napdani, RD (2016). Model pembelajaran Project Based Learning . Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122–128
Marinda, NLPM (2020). Metode eksperimen didukung oleh Phet Media dengan menggunakan model pelatihan PjBL. Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Sosial Humaniora (SINTESA) (Volume 3).
Munandal, H., Stolio, S., dan Taufik, M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah yang didukung media animasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika peserta didik SMAN 5 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1), 111-120.
Munif, A. (2020). Memanfaatkan media PhET untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains peserta didik tentang energi dan transformasinya. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(2), 17-25.
Playogi, S., Juanita, L., Elang. 2018. Pembelajaran berbasis inkuiri kritis: Model pembelajaran yang meningkatkan kemampuan berpikir kritis calon pengajar. J. Fisika, : Conf. Barat. 947, 1-7.
Pulwanto. (2018). Teknik persiapan instrumen. Penerbit: StaiaPress. Magellan
Rahmawati, Yusurijal, dan Hassan M. (2015). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together berbasis metode praktis untuk meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan proses ilmiah peserta didik pada mata pelajaran kebidanan dan kebidanan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3(1), halaman: 169-180
Rida, MR, Judy, M., Ayub, S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran PJBL berbasis STEM untuk meningkatkan kreativitas peserta didik pada disiplin ilmu fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 223-228.
Rosmiati, R., Musdar, M., Nurlina, N. (2022). SMA Negeri 1 Menerapkan Model Project Based Learning Didukung Simulasi Phet untuk Meningkatkan Berpikir (Hots) Fisika Wonomuruyo. Fisiologi: Jurnal Fisika dan Penelitian, 4(2), 107-115.
Sugiyono (2016). Teknik penelitian pendidikan: pendidikan kuantitatif, kualitatif, penelitian dan pengembangan. Penerbitan Alfabet. Bandung
Stolio, S., Rockmat, J., Rahayu, S. (2021). Kami sedang mengembangkan buku teks fisika berbasis proyek untuk sekolah menengah guna meningkatkan kemahiran peserta didik dalam konsep fisika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika Indonesia, 3(1).
Theresia Wiggiantini. (tahun 2014). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada materi pola bilangan kelas 7.
AA Yunus, A. Siddin, Rustley, MA (2016). Efektivitas model Project Based Learning terhadap hasil belajar fisika dan keterampilan berpikir kritis di SMA Negeri TaneteRiaja 1. Jurnal Fisika dan Pendidikan, 60-68