Pengaruh Strategi Creative Problem Solving dengan Pendekatan STEM Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik
Authors
Yulia Hasan , Syahrial A , Ahmad Busyairi , Aris DoyanDOI:
10.29303/goescienceed.v5i1.270Published:
2024-02-28Issue:
Vol. 5 No. 1 (2024): FebruaryKeywords:
Creative Problem Solving, STEM, keterampilan proses sainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi Creative Problem Solving dengan pendekatan STEM terhadap keterampilan proses sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMAN 3 Mataram. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih lah kelas XI IPA 6 sejumlah 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sejumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi Creative Problem Solving dengan pendekatan STEM sedangkan keterampilan proses sains sebagai variabel terikat. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains sejumlah 6 soal uraian Hasil analisis data pretest keterampilan proses sains kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak jauh berbeda. Setelah diberikan perlakuan nilai rata-rata posttest keterampilan proses sains kelas eksperimen 84 dan kelas kontrol 74. Hasil uji hipotesis keterampilan proses sains didapatkan thitung yaitu 2,404. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi Creative Problem Solving dengan pendekatan STEM terhadap keterampilan proses sains peserta didikReferences
Afriana , J., Permanasari , A., & Fitriani , A. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 202-212.
Agustina, L., & Umar, K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 44-47.
Alpansyah, & Hashim, A. T. (2021). AlpansyKuasi Eksprimen Teori dan Penerapan Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan berpikir kreatif. Tangerang: Pascal Books.
Amirah, A., & Ahmaruddin, S. (2020). Konsep Dan Aplikasi Epidemiologi. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Anggraini, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Menggunakan Local Material Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi dan Sikap Ilmiah Peserta didik Kelas X SMAN 1 Mojo Kediri. http://simki.unpkediri.ac.id/mahapeserta didik/file_artikel/2015/11.1.01.06.0073.pdf, 202-206.
Apiati, V., & Fatimah, A. (2017). Peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 71-76.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Saintifik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2020). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Vol. 3). (R. Damayanti, Ed.) Jakarta, Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.
Asih, J. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Peserta didik Kelas Vi Sd Negeri 002 Teluk Nilap Kubu Babussalam. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 174-180.
Busyairi, A., & Sinaga, P. (2015). Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps). Jurnal Pengajaran MIPA, 133-143.
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakkan SPSS (Uji Validitas, Uji Reabilitas, Regresi Linier Sederhan, Regresi Linier Berganda, Uji T, Uji F, R2. Jawa Barat: Guepedia.
Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Peserta didik Belajar IPA Materi Tumbuhan Hijau Pada Peserta didik Kelas V Sdn 3 Panjerejo Di Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 87.
Field, A. (2009). Discovering Statistic Using SPSS. London: Sage Publication Lbd.
Guido, R. M. (2013). Attitude and motivation towards learning physics. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 2087-2094.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementasi pendekatan pembelajaran STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA pada materi gelombang bunyi. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 53-62.
Mayasari, P., Halim, A., & Ilyas, S. (2013). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (JPSI), 57-67.
Mubarokah, N. H. (2019). Identifikasi Pemahaman Konsep Peserta didik Sma Materi Fluida Statis Dengan Menggunakan CRI (Certainty Of Responsse Index) Identifikasi Pemahaman Konsep Peserta didik Sma Materi Fluida Statis Dengan Menggunakan CRI (Certainty Of Responsse Index). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1-7.
Mufida, S. N. (2022). Integration of Project-Based E-Learning with STEAM: An Innovative Solution to Learn Ecological Concept. International Journal of Instruction, 23-40.
Nasri. (2021). Penggunaan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Fikih Di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 30-34.
Nuraziza, R., & Suwarma, R. I. (2018). Menggali Keterampilan Creative Problem Solving Yang Dimiliki. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika (2018) Vol.3 No.1 : 55-61, 1-7.
Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Peserta didik Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3. Madaniya https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/29, 140-146.
Prasetiy, A. D., & Mubarokah, L. (2014). Berpikir Kreatif Peserta didik Dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasar Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 9-18.
Puspitasari, T. O., Okta, Putri, Y. E., & Yohanes. (2019). Sikap Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menegah Atas. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 79 - 8.
Putra, P. D., & Sudarti. (2015). Pengembangan Sistem E-Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahapeserta didik Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia, 45-48.
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Peserta didik Di SMPN 62 Surabaya. PENSA E-JURNAL : Pendidikan Sains https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index, 242-246.
Rahma, S., Farida, & Suherman. (2017). Analisis Berpikir Kritis Peserta didik Dengan Pembelajaran Socrates Kontekstual Di Smp Negeri 1 Padangratu Lampung Tengah. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika , 121-128.
Rijal , S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar. Jurnal BIOEDUKATIKA, 15-20.
Saputri, L. E., & Sujadi, A. A. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Melalui Creative Problem Solving Peserta didik Kelas Xi-Ipa1 Sma Negeri I Imogiri. Jurnal Pendidikan Matematika, 183-189.
Sari, A. D., Noer, S. H., & Asmiati. (2022). Pengembangan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 1115-1128.
Septiani, A. (2016). Penerapan Asesmen Kinerja Dalam Pendekatan Stem (Sains Teknologi Engineering Matematika) Untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian Sains Dan Teknologi, 654-659.
Shoimin, A. (2014). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Berpikir Kritis Peserta didik Smp. jurnal EDUSAINS, 98-104.
Siregar, S. F. (2019). Meningkatkan Kemampuan berpikir kreatif Peserta didik Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Kelas VII-2 Melalui Pendekatan Pembelajaran Cara Belajar Peserta didik Aktif Di SMP Negeri 29 Medan. Jurnal Biolokus, 217-221.
Situmorang, A. S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dan Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahapeserta didik Fkip Uhn. JURNAL Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 1-13.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. (2022). Metode Penelitian Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Suprijono, A. (2016). Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryadi. (2023, Mei Rabu). Data Hasil Ujian Tengah Semester. (Y. Hasan, Interviewer)
Syahrial, A. (2923). Model Pembelajaran Kafah. Mataram: Einstein Collage.
Turmuzi, M., Sripatmi, Azmi, S., & Hikmah, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahapeserta didik Pendidikan Matematika. J. Pijar MIPA, 45-50.
Velina, Y., Nurhasanah, W., & Zulhannan. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (Sppkb) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Peserta Didik Kelas Xi Sma Al-Kautsar Bandar Lampung. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 67-83.
Wibowo, F. C., & Suhandi, A. (2013). Penerapan Model Science Creative Learning (SD) Fisika Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan berpikir kreatif Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii, 67-75.
Septiyana, D. N., Syahidi, K., & Mardi, E. S. (2023). Implementasi Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Dan Aplikasinya, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.58218/lambda.v3i2.649
Yunita, N., Zahara, L., & Syahidi, K. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Lesson Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Kappa Journal, 4(2), 233–239. https://doi.org/10.29408/kpj.v4i2.2756
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, dan Geofisika (GeoScienceEd Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.