Pengaruh Penggunaan Video Animasi Fisika dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kreativitas Peserta Didik di SMAN 3 Mataram

Authors

  • Komang Ayu Mertasari Universitas Mataram
  • Kosim Program Studi Pendelikon Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendedikan, Universitas Mataram
  • Syahrial Ayub Program Studi Pendelikon Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendedikan, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.234

Keywords:

Video Animasi Fisika, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kreativitas

Abstract

Tuntutan pendidikan abad 21 adalah pendidikan yang berkesesuaian dengan perkembangan zaman, sehingga dilakukannya penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dengan menggunakan video animasi fisika dalam pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan quasi-experimental dengan desain pretest-posttes control group design, yang dilakukan di SMAN 3 Mataram dengan populasi seluruh peserta didik kelas XI, serta yang menjadi sampel adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 7 soal valid, reliabel, taraf kesukaran yang berbeda dan daya beda soal yang beragam. Penelitian ini menggunakan data pretest dan posttest. Pada data pretest diperoleh Fhitung 1,337 ≤ Ftabel 1,907, data tersebut menunjukan kemampual awal kelas eksperimen dan kontrol setara. Pada data posttest dilakukan untuk menguji hipotesis penelitian. Sebelum dilakukan uji hipotesis, maka harus dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu. Pada uji normalitas diperoleh χ2hitungeskperimen=2,13 dan χ2hitungkontrol=3,14 dengan χ2tabel=11,07. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung 1,436 ≤ Ftabel 1,872. Berdasarkan data tersebut, maka kelas eksperimen dan kontrol memiliki data yang homogen dan terdistribusi normal, sehingga dapat dilanjutkan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil data uji hipotesis didapatkan nilai thitung 12,686 > ttabel2,0009 pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan penggunaan video animasi fisika dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap kreativitas peserta didik di SMAN 3 Mataram.

References

Agustina, H., Syahrial, A., Susilawati, S., & Gunada, I. W. (2022). Pengaruh Penggunaan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1208-1218.

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Bintang: Jurnal Pendelikon dan Sains, 2(1), 35-48.

Kurama, W., Tampang, B., & Sanger, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Dasar. Jurnal Edunitro, 1(1), 7-14.

Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video Animasi Fisika Sebagai Media Pembelajaran Terpadu Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 2(1), 19-26.

Noviatika, R., Gunawan, G., & Rokhmat, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Mobile Pocket Book Fisika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 240-246.

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Fisika Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381-386.

Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Fisika Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3436-3444.

Setyosari, P. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Syah, A., & Alimuddin, A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Problem Posing Terhadap Kreativitas Matematika Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 7 Polewali. Jurnal Pendidikan, 15(1), 21-33.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016, September). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263-278.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Mertasari, K. A., Kosim, & Ayub, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Video Animasi Fisika dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kreativitas Peserta Didik di SMAN 3 Mataram . Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(2), 235–239. https://doi.org/10.29303/goescienceed.v5i2.234

Issue

Section

Articles