Penguasaan Konsep Rangkaian Seri dan Paralel melalui Penggunaan Kit Listrik SEQIP di SD Negeri 6 Mataram
DOI:
https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v3i2.199Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan penguasaan konsep IPA, keterampilan penggunaan Kit IPA dan minat guru dalam mengajar dengan Kit IPA. Tujuan ini dicapai dengan mengintegrasikan pelatihan dengan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian adalah guru-guru di SD N 6 Mataram. Data didapatkan dari hasil pre-test dan post-test penguasaan konsep dan keterampilan menggunakan Kit IPA serta angket minat guru-guru terhadap penggunaan Kit IPA dalam pembelajaran. Setelah penelitian dilakukan diperoleh hasil penguasaan konsep sains guru-guru meningkat, 2) keterampilan guru-guru dalam menggunakan Kit IPA meningkat, dan 3) minat guru-guru dalam menggunakan Kit IPA juga meningkat, sehingga penggunaan Kit IPA sangat penting dalam pembelajaran sains
References
Amin, M. (2013). Bahan Pelatihan Pengelola Laboratorium Sekolah Menengah Pertama. Modul. Jakarta: Kemendikbud.
Bourden, P. R. (1998). Method for Effective Teaching 2nd. Allyn and Bacon, Boston.
Heinich, R. (1989). Instruction Media and The New Technologies Instruction, Third Eddition. Macmillan Publishing Company, New York.
Irawan, P. (1997). Teori Belajar. Jakarta: PAU-PPAI Universitas Terbuka.
Klinger, Walter. (1997). Survei Metoda Pengajaran dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : SEQIP
Klinger, Walter. (1997). Survey of Teaching Methods in Natural Sciences Erziehungswiss. Fakultat der Universtat: Erlangen-Nurnbe.
Merriem, W. (1953). Webster’s Dictionary. Miamy Florida: PSI and Ass Inc.
NN. (2001). Informasi SEQIP. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Pelajaran IPA.
NN. (2002). Pengembangan Silabus Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Semiawan. (1988). Pendidikan Keterampilan Proses. Jakarta: PT Gramedia.
Syahrial A. (2001). Studi Penggunaan Kit IPA SD di Kodya Mataram. Mataram : Lembaga Penelitian Universitas Mataram.
Syahrial A. (2003). Optimalisasi Pembelajaran Fisika di SLTP dengan Menggunakan Model Pembelajaran yang Berorientasi Kepada Siswa (Student Oriented). Mataram: Lembaga Penelitian Universitas Mataram
Syahrial A. (2003). Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar IPA Melalui Optimalisasi Penggunaan Kit IPA di SLTP Negeri 6 Mataram. Mataram: Lembaga Penelitian Universitas Mataram.
Winataputra. (1996). Belajar dan Pembelajaran MIPA. Jakarta: Universitas
Wiyatmo, Y. (2018). Pelatihan Penggunaan Kit Listrik Magnet SEQIP Bagi Guru-Guru IPA SD di Kabupaten Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 2(1), 48-55. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp/article/view/18723