Kit IPA sebagai Media untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Syahrial Ayub Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Muh. Makhrus University of Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v3i2.198

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dengan integrasi Kit IPA di sekolah dasar. Sampel penelitian adalah 15 guru SD Negeri Subahnala dusun Subahnala desa Peresak kecamatan Batukliang Lombok Tengah NTB. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah In House Training (IHT) berbasis Classroom Action Reseach (CAR) yang mempunyai tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Data dikumpulkan dari lembar observasi pembelajaran di dalam kelas dan dianalisis dengan statistik rerata dan prosentase. Hasil penelitian mendapatkan kualitas pembelajaran IPA yang dilakukan guru dapat ditingkatkan dengan mengintegrasikan Kit IPA dalam pembelajaran di kelas dengan menerapkan penelitian tindakan. Guru-guru di SD Negeri Subahnala sangat tertarik pada pemanfaatan Kit IPA dan Kit Alternatif dan termotivasi untuk menerapkannya dalam pembelajaran di kelas

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Ayub, S., & Makhrus, M. . (2022). Kit IPA sebagai Media untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 3(2), 1–5. https://doi.org/10.29303/goescienceedu.v3i2.198

Issue

Section

Articles